Sejarah dari Kertas Dinding (Wallpaper)
article

Sejarah dari Kertas Dinding (Wallpaper)

Wallpaper dinding adalah jenis kertas yang digunakan untuk menghiasi dinding rumah, apartemen, kantor, restoran dan bangunan lainnya, wallpaper biasanya dijual dalam bentuk kertas dan diaplikasikan pada dinding dengan menggunakan lem khusus wallpaper. Wallpaper juga ada yang dijual polos dan ada juga yang bermotif.

Pertamanya  produk ini disebut dengan kertas dinding atau wallpaper, Tentu saja melalui berbagai teori yang masih dipertanyakan oleh para penggunaannya. Salah satunya adalah pada Tahun 200-an Sebelum Masehi orang sudah mulai mempunyai konsep untuk menghias dinding dengan kertas.

Pada  tahun 200 SM, orang Cina telah memulai menghias dinding dengan menggunakan kertas. Masyarakat Cina waktu itu sudah terbiasa untuk menempelkan kertas  pada dinding rumah mereka. Tentu saja, motif tempelan kertas dinding pada setiap orang berbeda dengan wallpaper dinding seperti yang kita ketahui sekarang. Meski begitu, cara orang Cina Kuno itu bisa menjadi inspirasi bagi orang modern untuk melakukan hal yang sama dengan ditambah beberapa variasi.

Tentang asal muasal wallpaper dinding itu muncul pada jaman Renaisans di Prancis. Pada waktu itu, wallpaper sering di gunakan untuk menghias dinding rumah atau istananya dengan permadani yang cantik. Permadani ini juga ditambahkan dengan motif warna yang dapat membuat ruangan terasa sejuk dan nyaman. Hanya saja, harga jual wallpaper dinding jenis permadani ini sangat mahal dan orang biasa tidak bisa memilikinya. Untuk sebagai gantinya, kalangan orang yang bukan bangsawan menggunakan kertas hias untuk ditempelkan di dinding rumah mereka, dengan tujuan untuk mempercantik dan membuat ruang nyaman untuk ditempati.

Setelah mulai untuk diproduksi, produk  ini sangat banyak di minati oleh orang-orang walaupun dengan harga yang mahal untuk kertas hias ini. Hal ini membuat turun minat terhadap kertas hias yang motif atau warnanya dibuat manual melalui pensil atau lukisan tangan.

Abad ke-18 produk wallpaper dinding mulai diproduksi secara masal. Pada waktu itu, kota Philadelphia di Amerika Serikat dikenal sebagai kota industri dan distributor wallpaper hias ini. Meskipun wallpaper dinding sudah diproduksi secara modern, gaya desain Prancis masih tetap memiliki pola yang melekat pada saat itu.

wallpaperbagus.co.id

Author

wallpaperbagus.co.id
Admin Website