Mengapa Wallpaper Dinding? | SERBA-SERBI
article

Mengapa Wallpaper Dinding? | SERBA-SERBI

Material pelapis dinding tak hanya terbatas pada cat dinding, vinyl, keramik dinding maupun bilah kayu atau bambu. Wallpaper dinding yang merupakan pelapis dinding berbahan kertas kini banyak digemari sebagai alternative material pelapis dinding karena corak, warna dan teksturnya yang beragam.

Dinamakan wallpaper dinding karena pelapis dinding ini berbahan dasar kertas. Walau kini terdapat jenis wallpaper dari bahan vinyl, serat alam hingga bahan kertas yang menyerupai kain, namun istilah wallpaper ini masih digunakan hingga sekarang. Dikutip dari tulisan Imelda Akmal (2009), material wallpaper ini ditemukan abad XVI, di mana pada saat itu bahan pelapis dinding terbuat dari kertas tipis. Tentu saja kualitasnya tidak sebaik sekarang. Selain mudah sobek, proses cetak wallpaper kala itu pun masih menggunakan tangan. Seiring perkembangan teknologi, produksi wallpaper dinding mengalami kemajuan. Pada abad XIX, produksi dilakukan massal mengggunakan mesin. Teknik emboss mulai ditemukan dan menjadi awal mula wallpaper dinding bertekstur.

Selain bertekstur, wallpaper dinding yang ada sekarang terbuat dari bahan lain yang awet, tidak mudah sobek serta mudah dibersihkan. Sebut saja bahan vinyl yang mendominasi wallpaper dinding yang ada kini. Ada pula bahan yang terbuat dari serat bamboo, bahkan seng yang biasa dipakai penutup atap. Unik bukan?

 Wallpaper dinding dapat dibilang sebagai pengubah suasana ruang secara instan. Mengapa? Dengan mengaplikasikan wallpaper walau hanya pada salah satu bidang dinding, akan membuat suasana ruang menjadi berbeda dari sebelumnya.  Tak percaya? Ruang-ruang baik itu hunian, kantor, butik maupun ruang public lainnya akan nyaman ditempati atau dikunjungi jika ada elemen dekoratif di dalamnya. Elemen dekoratif tersebut memanjakan bagi orang yang memandangnya, terlebih bagi mereka yang menyenangi corak dan warna-warni indah. Wallpaper dinding dengan segala macam kelebihan dalam hal corak, warna dan tekstur dapat mewujudkan hal tersebut. Oleh karena itu, tak heran wallpaper dinding kini banyak digemari sebagai material pelapis dinding, mengalahkan cat dekoratif.  

 

Desain Variatif

Desain yang beraneka ragam dan tak terbatas ini merupakan keunggulan bahan ini. Produksi dengan menggunakan teknologi tinggi ini menghasilkan wallpaper dinding dengan berbagai pilihan corak, motif dan tekstur. Berkat desain yang variatif tersebut, wallpaper dinding membantu mewujudkan suasana ruang dan tema ruang apapun yang diinginkan si penghuni. Pengaplikasian wallpaper tak hanya sebatas dinding. Wallpaper dapat pula diaplikasikan pada langit-langit ruangan. Dapatkan inspirasi memilah dan memilih wallpaper dinding yang cocok di sini!

Ragam corak untuk beragam gaya dan tema interior

Tak terhitung jenis corak yang dihasilkan oleh berbagai produsen wallpaper dinding hingga kini. Mulai dari motif geometris (garis-garis vertical/ horizontal, kotak-kotak), motif bunga dan floral vintage, motif klasik yang elegan, motif abstak hingga gambar karakter yang digemari anak-anak turut meramaikan khasanah wallpaper dinding. Apapun gaya dan tema interior Anda, wallpaper dapat mewujudkan dalam sekejap! (untuk mengetahui kode produk, harga, dan spesifikasi lainnya, silakan klik gambar yang ada)

    

 

Beragam pilihan warna

 

Setiap orang tentunya senang dengan warna. Bahkan ada yang menggemari warna tertentu sebagai warna yang menunjukkan identitasnya. Menurut penelitian, warna dapat memanipulasi ruang, menciptakan mood dan perasaan tertentu dalam ruang. Itulah sebabnya mengapa interior rumah sakit dominan diberi warna hijau. Karena hijau dapat memberikan efek menyembuhkan. Demikian pula ruang makan yang diberi warna merah/ orange. Menurut penelitian pula bahwa warna-warna tersebut berkesan menggairahkan sehingga dapat memicu nafsu makan.  Oleh karena itu, warna sering digunakan untuk mengubah suasana ruang dalam sekejap. Apakah itu mengubah suasana menjadi lembut, ceria,  santai dan sebagainya. Wallpaper dinding memiliki jutaan pilihan warna untuk dipadupadankan dengan elemen interior lainnya seperti tirai, karpet, dan sebagainya. Contohnya foto kamar bayi di samping ini yang menggunakan warna kuning lembut, yang membuat suasana ruang nyaman bagi bayi untuk beristirahat.

 

Kaya akan tekstur

 Tekstur dapat dijadikan pengganti corak untuk Anda yang lebih menggemari dinding polos atau tak begitu ramai. Tekstur pada permukaan wallpaper dinding membuat dinding ruangan Anda menjadi lebih indah dan menarik. Permukaan dinding menjadi tidak monoton apalagi jika dibandingkan dengan permukaan dinding yang hanya dilapisi cat tembok. Buktikan sendiri!

 

Harga Variatif

Dulu, wallpaper digunakan untuk menghias rumah-rumah mewah karena harganya yang relative mahal dan memang digunakan untuk menghadirkan kesan mewah. Namun kini, dengan berkembangnya teknologi dan banyak produsen penghasil wallpaper baik itu Eropa, Korea, maupun China, maka harga wallpaper dinding menjadi terjangkau. Tidak hanya untuk menghias rumah mewah, namun wallpaper kini banyak dipakai pada rumah-rumah mungil nan sederhana. Berkat ketersediaan berbagai pilihan desain, bahan maupun produsen wallpaper dinding, kini konsumen dapat dengan bebas memilih wallpaper dinding sesuai selera dan tentu saja budget yang dimilikinya. Dengan demikian, Anda tak perlu risau memikirkan biaya membeli dan memasang wallpaper dinding, karena tersedia berbagai pilihan mulai dari harga ekonomis hingga harga wallpaper dinding yang cukup tinggi. Tentunya, disesuaikan dengan budget yang ada. Untuk mengetahui tips 'n trick cara pasang wallpaper dinding, klik di sini!

Untuk melihat inspirasi dan berbagai motif wallpaper dinding, silakan mengunjungi toko wallpaper dinding terdekat di kota Anda. Kami  jual wallpaper dinding dengan harga bersaing. Kami juga membuka kerjasama dengan reseller dan agen wallpaper dinding. 

 

pustaka: Akmal, Imelda. 2009. Seri Rumah Ide: Wallpaper & Cutting Sticker. Jakarta: Gramedia.

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University