Tips & Trick :  Merawat dan Membersihkan Wallpaper Dinding
article

Tips & Trick : Merawat dan Membersihkan Wallpaper Dinding

Tips Merawat dan Membersihkan Wallpaper Dinding

Setelah memasang Wallpaper Dinding pada dinding rumah atau apartemen, kembali pasti di benak Anda muncul pertanyaan. Bagaimana cara kita untuk merawat dan membersihkan Wallpaper Dinding agar tetap tahan lama dan indah dilihat. Setelah sukses memasang Wallpaper Dinding di dinding rumah atau apartemen kita, muncul pertanyaan lain.  Ketika kita membandingkan dengan cat tembok, membersihkan dan merawat Wallpaper Dinding memerlukan perhatian ekstra. Anda tidak perlu buru-buru menghubungi tukang atau teknisi untuk melakukan semua itu, kita bisa bisa melakukannya sendiri dengan cara yang relatif mudah dan tidak repot.

Pada intinya sesegera mungkin untuk membersihkan noda atau kotoran pada Wallpaper Dinding, hal ini diharapkan akan meminimalisir efek yang diakibatkan terlalu lama noda yang menempel pada Wallpaper Dinding menjadi susah dibersihkan. Atau Anda bisa melakukan perawatan atau pembersihan Wallpaper Dinding secara berkala, contohnya sebulan sekali.  Dan, sebelum Anda memutuskan untuk membersihkan Wallpaper Dinding pada rumah Anda, perhatikan hal-hal yang terpenting agar Wallpaper Dinding tetap terjaga kebersihannya dan terawat hingga jangka waktu yang lama. Terdapat tindakan yang cepat dan mudah untuk membersihkan Wallpaper Dinding.

·         Kotoran yang menempel dapat dibersihkan dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan sabun, digosok pelan, kemudian bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

·         Memakai deterjen atau sabun bubuk jika noda membandel menempel pada Wallpaper Dinding. Lakukan pada noda yang paling kotor atau susah untuk dibersihkan pelan-pelan, sedikit demi sedikit menyeluruh pada semua bagian dinding. Yang perlu cermati, bersihkan dengan air bersih setelah digosok. Ketika membersihkan jangan menggosok terlalu keras, karena akan merusak Wallpaper Dinding.

·         Jangan sekali-sekali Anda memakai kain wol, pemutih, atau aseton untuk membersihkan, Wallpaper Dinding seketika akan rusak.

·         Seandainya keadaan Wallpaper Dinding berjamur, pastikan membersihkan dengan cairan pembersih khusus dengan formula anti jamur untuk mengatasinya.

Namun ada cara lain yang bisa kita pakai secara aman untuk membersihkan Wallpaper Dinding, seperti:

  • Bulu ayam atau yang kita kenal kemoceng, berfungsi untuk membersihkan Wallpaper Dinding dari debu kering yang menempel. Untuk lebih maksimal  Anda bisa menggunakan kemoceng berbahan atau berstruktur swiffer atau kain elestrotatik agar debu mudah terangkat.
  • Selotip. Perangkat ini digunakan untuk mengangkat debu atau noda yang menempel seperti bekas sidik jari ataupun bulu-bulu dari hewan peliharaan Anda. Tetapi yang perlu Anda ketahui jangan gunakan selotip dengan daya rekat yang tinggi atau lengket akan membuat Wallpaper Dinding rusak.  
  • Air perasan jeruk nipis, berguna untuk membersihkan noda pada Wallpaper Dinding seperti bahan makanan cair (kecap, bekas minuman, dan lain-lain) atau kotoran lain yang sulit dibersihkan dengan air biasa. Campur air perasan jeruk nipis dengan air hangat, gosokan secara perlahan dengan spons. Keringkan dengan kain atau handuk kering.

Hati-hati saat membersihkan memakai air yang banyak agar tidak membasahi Wallpaper Dinding, sehingga membuat dinding dan Wallpaper Dinding tidak lembab. Wallpaper Dinding yang lembab seiring dengan waktu akan menjamur dan cepat rusak. Be aware dengan keadaan dinding dan Wallpaper Dinding di rumah agar tetap awet dan keindahan rumah kian terjaga.  

Lets Decorate !!

 

Dinda Bestari

Author

Dinda Bestari
Writer@Livingetc Indonesia Magazine and Art Republik Indonesia ; Freelance Writer @Wallpaperbagus
TAGS