7 ALASAN MENGAPA ANDA MEMILIH WALLPAPER DINDING
article

7 ALASAN MENGAPA ANDA MEMILIH WALLPAPER DINDING

7 ALASAN MENGAPA ANDA MEMILIH WALLPAPER DINDING

 

Alasan mengapa sebaiknya Anda memilih wallpaper dinding sebagai pelapis dinding dibanding cat, oleh karena wallpaper dinding memiliki beberapa kelebihan. Beragam pattern dan warna dari wallpaper dinding merupakan salah satu keunggulan yang ada padawallpaper dinding, selain itu ruangan seketika bisa terlihat tampak berbeda. Dan sekarang Anda bisa melihat apa saja kelebihanwallpaper dinding dibandingkan dengan pengaplikasian cat pada dinding?

 

1. Perbandingan Harga

 

Tapi semua itu tergantung dari seberapa besar luasan dinding yang akan diaplikasikan. Untuk wallpaper dinding harganya biasanya dihitung berdasarkan berapa banyak rol yang Anda gunakan untuk menutupi dinding dan juga kualitas wallpaper dinding itu sendiri serta ada tambahan biaya untuk pemasangan. Dan jika untuk cat, kebanyakan dihitung per kaleng sesuai dengan kebutuhan Anda.  Namun sekarang perkiraan harga  sekitar Rp 20.000 - 35.000 per meter untuk wallpaper dinding baru sedangkan Rp 10.000 per meter untuk wallpaper dinding obral.

 

2. Waktu pemasangan

 

Biasanya untuk memasang wallpaper dinding cenderung lebih cepat dan praktis tidak memakan waktu yang lama, bahkan sehari saja bisa dilakukan jika ingin memasang pada satu kamar. Sedangkan cat tergolong lebih lama, karena untuk menutup “kecacatan” pada dinding. Sebelumnya harus cat dasar terlebih dahulu dan menunggu kering kemudian baru dicat sesuai warna yang diinginkan. Dan jika warnanya tidak cocok, Anda harus membersihkan cat yang lama terlebih dahulu dengan dikerok baru proses pengecatan diulang kembali.  

 

3. Daya Tahan

 

Wallpaper dinding yang dipasang atau dilapisi pada dinding hunian Anda akan dapat bertahan lama jika sewaktu memasangnya secara teliti dan rapi sehingga daya tahan wallpaper dinding bisa mencapai 5 hingga 10 tahun. Berbeda dengan cat dinding. Anda setidaknya perlu mengecat ulang tiap kali warnanya memudar. Dan warna pada wallpaper dinding tidak akan memudar dalam jangka waktu yang lama. Biasanya cat dinding hanya bertahan 2-3 tahun, mungkin untuk merek-merek tertentu paling lama hanya 5 tahun.

 

4. Keberagaman

 

Dilihat dari estetika, wallpaper dinding mempunyai keunggulan karena keberagaman motif dan ilustrasi gambar yang Anda inginkan. Yang unik, terdapat beberapa wallpaper dinding memiliki tekstur yang tidak bisa diperoleh dari cat dinding jadi tampilan dinding Anda lebih menarik. Perbedaannya cat dinding mampu bermain warna yang solid. Akan tetapi, Anda perlu ketahui bahwa lebih dari 10.000 motif baru dari wallpaper dinding diluncurkan tiap tahunnya.

 

5. Sesuai dengan Warna

 

Saat mencampur cat biasanya kita menemukan sedikit bahkan banyak warna yang berbeda ketika dilihat di toko dan diaplikasikan pada dinding. Entah karena pengaruh cahaya di toko dan di rumah Anda berbeda atau juga pada warna dinding dasar sebelumnya. Hal ini Anda pasti tidak menemukan dalam memasang wallpaper dinding pada dinding, Anda menemukan dan mendapat warna yang sesuai dengan yang di toko dan ketika wallpaper dinding tersebut dipasang.

 

6. Menciptakan Suasana

 

Wallpaper dinding terbukti mampu menciptakan atau membuat suasana yang baru dan berbeda pada ruangan. Yang terpenting ialah pemilihan jenis, warna, dan motif disesuaikan dengan keadaan ruang. Contohnya pada ruang makan, dengan mengaplikasikan wallpaper dinding dengan ilustrasi gambar taman atau floral seketika tercipta suasana yang hangat dan asri di dalamnya. Memadu madankan beberapa motif atau warna boleh-boleh saja, dan satu hal yang perlu Anda perhatikan, kreatifitas boleh asal jangan berlebihan. Less is more!

 

7. Kepribadian dan Karakter

 

Tiap rumah mempunyai karakter, ciri khas, ataupun sentuhan personalnya sendiri-sendiri sehingga mencerminkan kepribadian si empunya rumah. Jika Anda memiliki kepribadian yang fun, playful, dan fresh, pemilihan wallpaper dinding berwarna cerah atau bermotif yang menyenangkan bisa Anda terapkan. Tetapi jangan salah, sebaiknya Anda tidak perlu untuk mengaplikasikannya ke dalam semua ruangan. Bisa menjadi aksen pemanis, atau pada area-area tertentu saja. Atau untuk Anda yang romantis, pemilihan motif bunga mawar yang cukup besar bisa mengangkat tema tersebut, dan masih banyak lagi. Yang terpenting, tidak perlu semua ruangan di dalam rumah Anda bisa aplikasikan wallpaper dinding. Fungsi wallpaper dinding itu sendiri ialah agar rumah selain tampak indah yang penting nyaman ketika Anda berada di dalamnya.

 

Lets Decorate !!

 

 

 

Dinda Bestari

Author

Dinda Bestari
Writer@Livingetc Indonesia Magazine and Art Republik Indonesia ; Freelance Writer @Wallpaperbagus
TAGS