Memilah & Memilih Wallpaper Dinding yang cocok | Serba-serbi
article

Memilah & Memilih Wallpaper Dinding yang cocok | Serba-serbi

Ketika diminta klien Anda untuk mempercantik interior rumah, mungkin ada sedikit kebingungan dalam menerapkan wallpaper dinding yang pas. Factor apa saja sih yang sebaiknya diperhatikan dalam memilah dan memilih Wallpaper dinding? Luas ruang, fungsi, warna dan tema ruang patut dipertimbangkan tentunya. Tapi jangan khawatir. Kami akan berbagi sedikit tips untuk Anda!

 

Di mana dipasangnya?

Bidang dinding suatu ruang menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Memasang wallpaper untuk dinding di kamar tidur akan berbeda dengan wallpaper untukdinding di ruang tamu. Demikian pula wallpaper dinding untuk kamar tidur orang tua akan berbeda dengan wallpaper dinding untuk kamar anak-anak yang masih balita bahkan berbeda pula dengan anak-anak yang sudah remaja.

Apa saja yang menjadi pertimbangannya? Pertama corak wallpaper dinding. Untuk ruangan yang difungsikan untuk istirahat, sebaiknya memilih motif yang tidak terlalu ramai. Demikian pula dengan warna wallpaper dindingnya, sebaiknya dipilih warna-warna yang kalem dan lembut, yang membuat penghuni nyaman dan bisa beristirahat dalam ruangan tersebut. Untuk ruang bermain atau ruang tamu, kita dapat bereksperimen dengan motif yang abstrak, kontemporer, klasik atau motif yang eye catching lainnya. Pemilihan warna wallpaper dinding pun dapat lebih bervariasi, dengan memberikan sedikit aksen warna pada salah satu bidang.

Gambar di atas memperlihatkan penerapan wallpaper dinding di ruang TV. Motif yang eye catching membuat suasana Dalam ruang TV menjadi lebih fun.Dapatkah motif seperti ini diterapkan pada kamar tidur? Jika ingin menerapkan motif ini di kamar tidur, Anda dapat menerapkan wallpaper dinding ini di bagian punggung tempat tidur, agar motif tersebut tidak mengganggu pandangan penghuni kamar ketika ingin beristirahat. Jadi, fungsi suatu ruang menjdi factor utama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih wallpaper dinding.

 

Berapa Luas Ruangannya?

Pertimbangan selanjutnya adalah dimensi ruang. Untuk ruangan yang luas, warna-warna wallpaper dinding yang gelap atau terang dan mencolok dapat diterapkan. Namun, jika ruangan yang akan dipasang wallpaper relative kecil, sebaiknya gunakan warna-warna wallpaper dinding yang kalem, lembut atau warna netral. Warna-warna yang muda dan netral memberi efek luas pada ruangan yang sempit. Demikian pula dengan motif wallpaper dinding. Motif yang abstrak, mencolok, maupun yang besar lebih cocok diterapkan padar uangan yang luas. Sementara motif-motif wallpaper dinding yang kalem, tidak menonjol, dan kecil-kecil lebih tepat digunakan untuk ruangan yang relative kecil. Mengapa? Jika menggunakan motif-motif yang besar dan ramai serta warna yang gelap pada ruangan yang kecil ,akan memberi kesan sempit pada ruangan tersebut. Foto di bawah ini menunjukkan perrbandingan bagaimana pemakaian wallpaper dinding pada ruangan yang luas maupun yang sempit yang dapat memanipulasi ruang.

       

 

Selain warna dan motif, ukuran roll wallpaper pun dapat menjadi pertimbangan. Sebagaimana kita ketahui bahwa secara umum ada dua ukuran gulungan wallpaper dinding yang beredar di pasaran. Gulungan yang kecil berukuran lebar 53 cm dengan panjang 10 meter. 1 roll wallpaper dinding tersebut cukup untuk 5 meter persegi bidang dinding (dengan tinggi bidang yang tak lebih dari 3 meter). Sedangkan gulungan yang besar berukuran lebar 106 cm dengan panjang 15 meter, cukup untuk 15 meter persegi bidang dinding (dengan tinggi bidang yang tak lebih dari 3 meter). Dengan demikian, ukuran bidang dinding yang akan dipasang wallpaper pun dapat menjadi pertimbangan ketika memilih ukuran gulungan wallpaper dinding, apakah itu ukuran yang kecil atau ukuran yang besar. Jangan sampai terlalu banyak lebihnya ketika membeli wallpaper dinding karena tidak mempertimbangkan dimensi bidang dan ukuran roll wallpaper. Toko dalam hal ini tidak menerima retur sisa wallpaper yang tidak utuh gulungan nya karena biasanya toko menjual wallpaper dalam satuan roll.

Untuk menghitung kebutuhan gulungan wallpaper dinding, dapat Anda gunakan kalkulator wallpaper yang tersedia di www.wallpaperbagus.co.id

Kami juga membuka peluang usaha bagi reseller. Selamat berkreasi dengan wallpaper!

 

Baca juga artikel selanjutnya tentang wallpaper dinding:

DESAIN: PADU PADAN WALLPAPER

SERBA-SERBI: MENGAPA WALLPAPER DINDING?

SERBA-SERBI: ANEKA JENIS BAHAN WALLPAPER DINDING

 

 

 

 

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University