Tips And Trick : Cara melepaskan Wallpaper dinding
article

Tips And Trick : Cara melepaskan Wallpaper dinding

CARA MELEPASKAN WALLPAPER DENGAN MUDAH

Wallpaper atau kertas dinding memiliki kecenderungan sulit dibongkar atau dilepaskan tergantung pada lamanya wallpaper tersebut telah menempel di dinding Anda. Jika Anda belum mengetahui caranya dan tanpa informasi yang jelas, Anda bisa saja merusak struktur dinding ,dan pada akhirnya Anda harus melapisi wallpaper baru. Maka dari itu, sebaiknya Anda memahami dengan baik tata cara melepas wallpaper tanpa merusak dinding Anda. Dan berikut langkah-langkah atau cara mudah melepas wallpaper di dinding rumah Anda. Yang harus disiapkan sebelumnya antara lain:

  • Botol semprotan
  •  Air hangat
  • Sabun cuci piring
  •  Kape dan cutter
  •  Cuka
  • Cairan pelembut pakaian
  • Air hangat
  •  Kain lap
  •  Selotip
  •  Plastik
  • Sarung tangan
  • Hair dryer
  • Cairan khusus untuk melepas wallpaper

 

  1. Persiapan

 

Sebaiknya Anda memindahkan furnitur ke luar ruangan agar tidak mengganggu saat pengerjaan. Jika Anda sulit melakukannya, geser peralatan atau perkakas agar lebih nyaman bekerja. Tutupi peralatan atau perkakas dan lantai dengan koran, plastik, atau kain. Secara hati-hati, sisihkan semua aksesori yang menempel di dinding seperti, jam dinding, lukisan, poster, foto keluarga, dan lain-lain. Tutup stop kontak dan sakelar dengan plastik, jadi Anda dapat melepaskan wallpaper ketika siang hari, karena pencahayaan dan alat-alat listrik dimatikan.

 

  1.  Melepas wallpaper

 

Panaskan dengan secara perlahan wallpaper yang akan dilepas dari dinding tapi pastikan jangan sampai terbakar dengan hair dryer dengan tingkat kepanasan yang cukup tinggi ke keseluruhan dari mulai dari tepi wallpaper sekitar 30 detik.  Panas dari hair dryer akan melonggarkan lem atau perekat yang digunakan untuk memasang wallpaper ke dinding. Gunakan kuku jari atau ujung pisau untuk mengelupas wallpaper secara perlahan. Jika terasa lebih longgar, teruskan hingga terkelupas semua bagian wallpaper. Pertahankan posisi alat hair dryer dibagian wallpaper yang belum terkelupas dan perbuat pengupasan dengan cara perlahan. Lanjutkan hingga ke bagian bawah wallpaper tersebut, panaskan dan kupas perlahan hingga seluruh bagiannya terlepas dari dinding. Jangan robek wallpaper dalam potongan-potongan kecil. Cara demikian justru akan mempersulit pengelupasan dalam jangka panjang, sebab akan meninggalkan sisa atau potongan-potongan tipis wallpaper pada dinding. Jika wallpaper tetap menempel kuat pada dinding, jangan dipaksakan. Seandainya dengan hair dryer tidak berhasil, mungkin Anda bisa mengubah cara yang lain.

 

  1. Mencampur pembersih

 

Terdapat beberapa macam material yang tak sama untuk disemprotkan pada wallpaper supaya melonggarkan lapisan perekat atau lemnya. Pilihlah di antara beberapa tipe berikut:
Cuka apel dan air. Larutan alamiah ini cukup berpengaruh untuk mengedurkan lem pada wallpaper walaupun bau yang tidak sedap sedikit menempel pada dinding. Gunakan larutan ini hanya apabila wallpaper Anda melapisi dinding bercat, bukan sebagai lapisan dasar.
Cairan pelembut pakaian dan air. Larutan ini relatif terjangkau dan efektif, tetapi terdapat kemungkinan Anda tidak menginginkan memakai bahan kimia untuk dinding.

Pengelupas wallpaper buatan pabrik. Alternatif lainnya jika Anda menginginkan cara yang lebih cepat, Anda bisa membeli larutan pengelupas wallpaper pada toko peralatan, atau toko material.
Air hangat. Ketika semua bahan dan tutorial yang ada tak menunjukkan perubahan, biasanya air hangat bisa menjadi jawabannya.

4.    Membersihkan sisa lem

Bersihkan dengan mengikis sisa lem menggunakan kape. Sebaiknya mengikisnya harus searah dengan arah lem tersebut, biasanya vertikal. Semprotkan larutan sabun dengan secara merata pada dinding, biarkan beberapa menit sehingga sabun meresap dan lem wallpaper terlepas pada dinding. Ketika sisi lem akan menggembung dan mengelupas dan tetap ada sisa kertas yang menempel bersihkan dulu dengan kapi. Semprotkan larutan sabun dengan cara merata ke dinding, lalu biarkan selagi beberapa menit supaya sabun meresap dan lem terlepas dari dinding. Sisa lem akan menggelembung dan mengelupas. Atau Anda bisa melarutkan cuka ke dalam air hangat dengan perbandingan 1: 3, masukkan ke botol spray, lalu semprotkan ke dinding, kemudian gosok dengan spons atau lap microfiber. Perhatikan bagian sisi atau sudut-sudut yang biasanya susah dibersihkan.

 

Now the wall is clean and ready to redecorate! ^.^

 

Dinda Bestari

Author

Dinda Bestari
Writer@Livingetc Indonesia Magazine and Art Republik Indonesia ; Freelance Writer @Wallpaperbagus
TAGS