Interior Gaya Rustic | Desain
article

Interior Gaya Rustic | Desain

Desain interior rustic (pedesaan) menciptakan tampilan eklektik yang menekankan ciri buatan tangan, dan terbuat dari bahan-bahan alami. Sumber lain menyebutkan gaya desain interior rustic ini menggambarkan berbagai gaya dengan penekanan pada alam, gaya desain populer yang sering diklasifikasikan sebagai gaya Country, Log Cabin, Lodge, Western and Farmhouse.

Elemen interior gaya ini biasanya terdiri dari kayu, olahan kayu, dan batu. Namun, bambu, rotan, kaca, tanah liat dan berbagai jenis logam juga dapat dimasukkan untuk memperindah tampilan. Koleksi barang antic/ vintage, kerajinan dan  kesenian rakyat, cukup selaras dipadukan dengan baik pada dekorasi gaya rustic (pedesaan) ini. Tekstur yang kontras adalah pilihan bagus untuk digunakan dalam konsep ini.

Tampilan pedesaan biasanya memiliki balok dan kolom kayu serta lantai kayu atau batu. Jika Anda tidak memiliki unsur-unsur ini di rumah Anda, adalah mungkin untuk memasang wallpaper dinding motif kayu atau batu untuk mencapai tampilan interior gaya rustic.

gaya pedesaan desain interior menggambarkan berbagai gaya dengan penekanan pada alam, unsur-unsur yang tidak dimurnikan. gaya desain populer yang sering diklasifikasikan sebagai pedesaan termasuk Barat, Negara, Log Cabin, Lodge, Barat dan Petani.

Palet warna gaya rustic biasanya muncul dari sumber-sumber alam dan bahan seperti:

  • besi tempa atau logam berkarat
  • Timah atau logam dengan patina
  • Batu, batu atau beton
  • lantai kayu, mebel kayu, cabang, kulit kayu atau ranting
  • Kulit atau suede
  • kain alami seperti katun, rami, linen, wol
  • unsur luar ruangan dan taman

Country Style

Kamar dengan gaya Country umumnya memiliki warna tenang, tekstil vintage, furniture sederhana dan aksesoris down-to-earth. Sebuah skema warna country menampilkan nada kalem. Cottage sering dirancang dengan gaya Country. Furniture yang ideal termasuk koleksi pusaka keluarga, barang-barang antik dan barang yang dibeli dari pasar loak dengan finishing dicat. Kain pada sofa, kursi dan jendela biasanya putih atau krem, sementara kain aksen berpola dengan tema bunga atau garis-garis. Aksesoris interior biasanya buatan tangan seperti tembikar, keranjang dan peralatan kayu. 

    

    

Farmhouse Style

Bila Anda ingin membuat interior yang nyaman, Anda harus mempertimbangkan gaya rumah. Gaya desain interior ini mencakup banyak gaya pedesaan, seperti negara Perancis, negara Italia, negara Inggris dan rumah Amerika. Kain memiliki warna-warna cerah, seperti kuning, merah, emas dan biru, bersama dengan pola bunga. Furniture kayu cenderung besar dan tebal dengan ukiran sederhana, namun dekoratif.

         

Western Style

Sama seperti para koboi, gaya Barat terikat erat dengan alam. Bahan sering dimasukkan ke dalam kamar gaya Barat meliputi kulit, logam, dan kayu. Furniture biasanya berlapis kulit. memorabilia koboi dari tahun 1950 dapat menambah kesan barat.

   

Log Cabin and Lodge Style

Gaya ini pada dasarnya adalah sebuah pondok kayu halus dan sering terlihat di resor atau hotel tempat berlibur. Sebuah rumah gaya log kabin dibangun dari seluruh kayu gelondongan yang custom-fit untuk membentuk dinding eksterior dan interior. Balok kayu penting untuk menciptakan nuansa pedesaan di dalam dan luar rumah. 

Bagi mereka yang hanya ingin tampilan gaya pedesaan ini, cobalah panel kayu atau wallpaper yang mensimulasikan kayu gelondongan. Jangan lupa tambahkan perapian!

    

Pada artikel kali ini, dtampilkan beragam inspirasi desain interior gaya rustic dengan pemanfaatan wallpaper dinding koleksi Assemble. Koleksi ini baru diterbitkan bulan Februari 2016 lalu. Wallpaper dinding produksi Korea dengan ukuran 1,06m x 15,6m (15,6m2) ini dibandrol Rp 800.000,- per gulungnya. 

Berminat? Kami menyediakan berbagai pilihan motif, warna dan tekstur wallpaper dinding gaya rustic yang dapat Anda pilih sesuai selera. Wujudkan interior ruangan bergaya rustic dengan sentuhan akhir wallpaper dinding yang menambah kesan unik dan ceria! 

Bahan bacaan:

http://www.dwellcandy.com/interior-design-styles-2/rustic/

http://interiordesign.lovetoknow.com/Rustic_Style_Interior_Design

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University