Interior Modern| Desain
article

Interior Modern| Desain

Gaya modern ini pertama kali diperkenalkan pada masa Revolusi Industri pada abad ke-19 di Eropa sebagai akibat pemberonyakan terhadap unsur klasik. Lahirnya gerakan modernism memelopori penggunaan material dan fungsi secara tepat yang ditandai Gerakan Bauhaus di Stuttgart. Slogan yang popular pada masa itu yakni “Forms follow function” di mana desain yang tercipta benar-benar fungsional, dan tak banyak bahkan tanpa elemen dekoratif sama sekali. Adalah suatu tantangan untuk menggunakan desain sebagai alat yang memaksimalkan fungsi ruang.

Dalam artikel ini akan ditampilkan unsur desain modern dalam berbagai kreasi. Desain modern ini dominan seiring berkembangkanya gaya minimalis, Zen, eklektik dan kontemporer. Walau demikian, tak menutup kemungkinan desain modern ini dipadukan dengan gayaklasik dan tradisional atau urban. Berbagai ide kreatif ruang gaya moderndengan mengaplikasikan wallpaper dinding terlihat pada inspirasi desain berikut ini:

Modern Pop

Gaya modern pop ini merupakan adaptasi aliran pop art yang dipelopori oleh Andy Warhol. Karakter utamanya adalah penggunaan warna-warna terang dan ceria dengan bentuk yang geometris, garis, kotak-kotak atau ilustrasi gaya Pop Art. Wallpaper dinding motif Menara Eiffel ini sangat manis dipadukan dengan furniture bergaya modern pop art. Ditambah dengan bantal-bantal berwarna-warni yang cerah, menambah kentalnya gaya pop art pada desain interior ini. 

  

Modern Kontemporer

Pengertian kontemporer dikutip dari http://www.thefreedictionary.com/contemporary artinya “saat ini; termasuk dalam periode waktu yang sama”. Desain kontemporer ini selalu berubah dan eklektik karena kontemporer memiliki arti harafiah "saat itu,". Dekorasi kontemporer ini sangat terpengaruh oleh gaya modern. Furnitur kontemporer cenderung ramping dan monokromatik, tetapi tidak ada aturan baku. Wallpaper dinding dengan motif geometris dan warna-warna gelap dapat menunjang kesan modern kontemporer pada ruangan.

Modern Minimalist

Minimalisme menurut Yuni Jie  (2006) dalam bukunya dijabarkan sebagai bentuk filosofi yang mengarah pada gaya hidup serbamurni. Bauhauss yang memiliki prinsip fungsi, presisi, geometris dan minimalisme secara tak sadar memengaruhi gaya hidup kebanyakan masyarakat sehari-hari. Pengurangan unsur ornamen dekoratif adalah inti dari filosofi minimalist ini. warna-warna yang netral, bentuk furniture yang sederhana dan geometris serta ruangan open space ini memberi kesan modern minimalist pada ruangan.

  

Modern Zen

Konsep desain ini dilandasi budaya artistic Zen yang murni, bersih dan sederhana. Sebuah gaya yang memadukan fungsi dan estetika secara seimbang/ balance dan harmonis.  Desain ini ditandai permainan tekstur bahan dan nuansa warna monoromatik. Wallpaper dinding motif batu putih memberi kesan modern zen pada ruangan. Di samping itu, aksen berupa elemen dekoratif khas Jepang menambah kesan modern zen secara keseluruhan. 

Modern Oriental

Kita hidup dalam dunia yang beragam tradisi dan budaya. Desain modern yang berasal dari Eropa ini pun dapat dipadupadankan dengan unsur tradisional dari timur seperti China. Denga demikian terciptalah kesan modern oriental ppada ruangan. Selain wallpaper dinding motif bambu dengan warna natural, warna merah dan emas merupakan paduan warna yang langsung menyiratkan kesan oriental. Tambahkan aksesoris seperti piring atau guci-guci dari China untuk menambah kesan oriental. Adapun aspek fungsi tetap jadi prioritas utama dalam desain ruang yang satu ini.

  

Modern Natural

Nuansa natural jarang ditemukan di perkotaan yang hectic. Penggunaan wallpaper dinding dengan motif bahan alam seperti batu, kayu dan bamboo menambah kesan natural. Sangat sesuai untuk ruang yang ingin memberi kesan hangat dan alami. Walaupun tampilan dinding tak minimalis, namun wallpaper motif batu ini sah-sah saja diterapkan pada dinding ruangan bergaya modern. Dinding dengan motif batu memberikan kesan kokoh dan dapat digunakan sebagai aksen pada ruang. Tampilan yang atraktif membuat ruang keluarga Anda unik dan berbeda. 

  

Modern Chic

 

 

Warna merupakan elemen desain interior yang sangat berpengaruh dalam pengolahan ruang. Pada inspirasi di samping ini, warna pastel digunakan untuk memberi kesan feminin dan chic. Menciptakan tampilan modern chic  di rumah Anda tidak perlu biaya banyak. Warna-warna lembut, halus dan motif wallpaper homey dengan padu padan yang tepat membawa gaya modern chic secara instant ke hunian rumah tinggal.

    

 

Demikian ulasan mengenai interior modern dengan aplikasi wallpaper dinding. Berminat? Kami menyediakan berbagai pilihan motif, warna dan tekstur wallpaper dinding gaya modern yang dapat Anda pilih sesuai selera. Wujudkan interior ruangan bergaya modern dengan sentuhan akhir wallpaper dinding yang menambah kesan unik dan ceria! 

 

referensi: Jie, Yuni. 2006. Modern interior design: kompilasi karya-karya inspiratif. Jakarta: Gramedia

 

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University