Ragam Motif Kayu | Serba-serbi
article

Ragam Motif Kayu | Serba-serbi

Siapa yang tak suka dengan material bangunan yang satu ini? Kayu selalu hadir sebagai elemen interior baik itu berupa material struktur bangunan, daun pintu, kusen jendela, furniture hingga aksesoris interior lainnya. Sebagai furniture, kayu solid sangat langka digunakan karena harganya yang cenderung mahal. Furniture yang dijual di pasaran kini merupakan hasil olahan kayu yang dibuat menjadi lembaran papan Medium Density Board (MDF), teak block, triplex dan sebagainya yang dilapisi vinyl maupun High Pressure Laminate (HPL). 

Namun karena tingginya permintaan pasar, banyak produsen menciptakan produk finishing interior yang menyerupai bahan kayu solid. Tak hanya motif dan warna,bahkan permukaannya  pun memiliki tekstur yang menyerupai kayu solid. Cobalah tengok keramik lantai, parket laminasi, lembaran HPL hingga wallpaper dinding pun banyak yang  memiliki motif, warna dan tekstur menyerupai kayu solid.

Memang, kayu merupakan bahan yang tergolong hangat. Sebagai bahan lantai (flooring), kayu solid cenderung hangat dibandingkan keramik lantai maupun marmer atau granit. Demikian pula jika diletakkan di dinding. Sebagai bahan pelapis dinding, tentu saja kayu memberi kehangatan dan keintiman dalam ruang dikarenakan warnanya yang berkesan hangat.

 

Namun pemakaian kayu solid, baik itu sebagai bahan lantai, dinding maupun langit-langit memiliki kekurangan terutama dalam hal perawatan. Kayu solid cenderung rentan rayap. Di samping itu, kayu solid tak tahan air sehingga tak boleh tergenang air dalam waktu lama. Selain itu, untuk mengatasi rayap, produk kayu solid harus diberi lapisan antirayap secara berkala. Itulah sebabnya kini material alternative seperti keramik lantai, parket laminasi, lembaran HPL hingga wallpaper dinding pun dicari. Material alternative tersebut mampu menggantikan kayu solid dalam hal mengurangi keribetan dalam perawatan. Namun satu hal, dari segi estetis, yang namanya produk fabrikasi tentu saja tetap kalah dari produk yang berasal dari alam. Produk fabrikasi cenderung sama dengan motif berulang. Hal ini berbeda dengan produk kayu solid alami yang memiliki kelebihan dari segi estetis. Akan tetapi, bagi Anda yang tak banyak waktu merawat produk kayu solid, rasanya material alternative ini layak dipertimbangkan untuk dipilih. 

 

Wallpaper dinding dengan motif kayu ini ternyata ampuh memberikan suasana hangat dan intim dalam ruang. Dengan motif vertical maupun horizontal, pengaplikasian wallpaper dinding motif kayu ini dapat memberikan efek yang berbeda. ( Baca juga: Manipulasi Ruang dengan Wallpaper Dinding). Motif vertical ampuh memberi kesan langit-langit yang tinggi sedangkan motif horizontal dapat memberi kesan lebar dan lapang pada ruang. 

Tak hanya motif bilah atau potongan papan kayu yang disusun secara vertical maupun horizontal. Namun ada juga motif gelondongan kayu maupun motif balok kayu yang dipotong melintang. Dari warna pun, tak semua motif kayu memiliki warna kayu alami. Ada juga warna-warna fancy atau kayu yang dicat dan diberi gambar, bahkan ada yang berkesan lusuh.

 

    

    

    

Berikut ini terdapat beberapa katalog yang memiliki banyak koleksi wallpaper dinding motif kayu dengan beragam pilihan pola dan warna.

JADE

Koleksi katalog Jade menghadirkan motif-motif wallpaper dinding motif papan kayu yang disusun secara vertikal maupun horisontal. Warna motif kayu yang ditawarkan pun tak hanya nuansa warna natural, namun ada pula warna-warna seperti kayu yang diberi cat warna-warni. Motif dan warna fancy ini akan membuat ruangan Anda berbeda. Mengenai harga, koleksi wallpaper motif kayu produksi China ini dibandrol Rp 288.000,-/ roll untuk 5 (lima) meter persegi bidang dinding.

      

      

    

 

MARVEL STONE

Koleksi katalog marvel stone menampilkan beragam wallpaper dinding motif kayu dengan beragam pilihan. Ada yang bear-benar menyerupai papan kayu solid, ada pula seperti papan kayu yang dicat, hingga diberi gambar Landmark dari kota-kota terkenal di Benua Eropa. Cocok untuk diaplikasikan pada ruangan bergaya pop art  maupun vintage.Mengenai harga, koleksi wallpaper motif kayu produksi Korea ini dibandrol Rp 750.000,-/ roll untuk 15 (lima belas) meter persegi bidang dinding.

      

    

    

    

 

NATURAL

Koleksi Natural pun tak mau ketinggalan dalam menawarkan wallpaper dinding motif kayu, di samping wallpaper dinding motif bahan-bahan natural lainnya yang ditawarkan. Adapun motif, warna dan tekstur yang ditawarkan pun menyerupai material alami. Tak hanya motif papan kayu yang disusun secara vertikal, horisontal maupun susun bata, ada pula motif balok kayu yang dipotong melintang. Wallpaper motif kayu ini dapat diaplikasikan pada ruangan dengan gaya desain natural, rustic bahkan modern kontemporer sekalipun. Mengenai harga, koleksi wallpaper Natural produksi Korea ini dibandrol Rp 750.000,-/ roll untuk 15 (lima belas) meter persegi bidang dinding.

    

        

      

     

Koro Mong (New Arrival)

      

    

Nah… tunggu apa lagi? Segera wujudkan ruang idaman Anda dengan wallpaper motif kayu yang dapat Anda dapatkan di toko kami. Jelajahi web kami untuk menemukan motif, warna dan tekstur wallpaper dinding impian Anda. Selamat berkreasi dengan wallpaper dinding! 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University