Wallpaper dinding pemikat ruang | Desain
article

Wallpaper dinding pemikat ruang | Desain

Wallpaper dinding telah dikenal sebagai bahan pelapis dinding alternative untuk cat tembok. Dengan motif, warna dan tekstur yang dekoratif, wallpaper dinding hadir mempercantik ruangan. Dan kini pun, kualitas wallpaper dinding jauh lebih baik dengan harga yang relative terjangkau dibanding ketika wallpaper diproduksi. Tentu saja, dengan persaingan ketat di industri wallpaper dinding, hal ini memaksa produsen untuk mengkreasikan wallpaper dinding dengan kualitas yang baik. (baca juga artikel Jenis-Jenis Bahan Wallpaper Dinding)

 

Sejak hadirnya wallpaper dinding, takterhitung ragam motif yang dihasilkan baik itu motif klasik yang elegan, motif garis-garis dan geometris yang berkesan kekinian, hingga motif yang khusus diciptakan untuk menghias kamar tidur anak-anak dan bayi sekali pun.  Motif wallpaper dinding banyak terinspirasi dari alam seperti dedaunan, bunga, bebatuan dan bentuk organik lain yang disusun seatraktif mungkin. Satu hal, karakteristik wallpaper dinding yang utama adalah motifnya yang berulang. Jadi wallpaper dinding berbeda dengan photowall di mana photowall dapat berupa satu gambar pemandangan utuh selayaknya foto yang dicetak dalam ukuran besar. Wallpaper dengan motif yang menyerupai material alami tetap memiliki pola yang berulang. Dengan demikian, dalam pemasangannya pun, kita harus menyamakan motif antara satu lembar potong wallpaper dinding dengan lembaran potongan berikutnya.

    

 

 

Selain motif, unsur warna pada wallpaper dinding menambah cantik ruangan. Warna memang dapat memberi pengaruh psikologis bagi seseorang. Sebagai contoh, warna hijau daun memberi kesegaran, warna merah dapat membangkitkan gairah, serta warna coklat memberikan ketenangan dan kehangatan. Selain itu, warna dapat digunakan untuk membantu menutupi kekuragan pada ruang, sebagai contoh warna putih, krem atau biru muda digunakan untuk memberikan kesan bersih dan luas pada ruanga yang sempit. (baca juga artikel Memanipulasi Ruang Dengan Wallpaper Dinding) Pemilihan warna, selain ditujukan untuk memberikan suatu “terapi” pada sebuah ruang, juga tergantung selera penghuninya. Nah, dengan demikian, tak heran jika produsen wallpaper dinding selalu memberikan beberapa alterative warna untuk motif dan tekstur wallpaper dinding yang sama.  Berikut ini ada beberapa alternatif harmonisasi warna yang dapat dipilih sesuai selera, gaya desain dan tema ruang atau tujuan pemakaian ruang.

 

   

   

Selain motif dan warna, tak dapat dipungkiri pula bahwa wallpaper dinding memiliki ragam tekstur yang beraneka. Tekstur yang tercipta banyak yang menyerupai aslinya hingga terkadang kita pun terkecoh. Siapa sangka ternyata permukaan dinding bertekstur tersebut tercipta dari pengaplikasian wallpaper dinding! Tekstur pun bisa menjadi pengganti motif bagi Anda yang menginginkan dekorasi dinding yang tak begitu ramai, namun tetap terlihat penggunaan wallpaper dinding, bukan sekedar cat tembok. Tekstur wallpaper dinding terkadang menjadi atraktif dan dinamis dengan pencahayaan yang tepat.

   

Sebagai contohnya koleksi Grifon produksi China. Koleksi Grifon ini memiliki banyak motif dan warna terbaik untuk wallpaper yang dapat dipilih, apakah Anda ingin motif damask untuk kamar tidur, pola geometris untuk dapur atau bunga-bunga untuk ruang keluarga. Mengenai harga, koleksi wallpaper produksi China ini dibandrol Rp 210.000,-/ roll untuk 5 (lima) meter persegi bidang dinding.

 

Memang benar bahwa pengaplikasian wallpaper sebagai bahan penutup atau finishing dinding adalah sebuah pilihan. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber inspirasi Anda dalam menggunakan wallpaper dinding untuk memikat ruang. So…tunggu apa lagi. Kunjungi toko wallpaper dinding kami atau kunjungi web kami untuk mencari motif yang diinginkan. Selamat berkreasi dengan wallpaper dinding!

          

* semuua foto dan gambar dalam artikel ini merupakan koleksi Grifon.

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University