Perawatan Mudah Wallpaper Dinding  | TIPS 'N TRICKS
article

Perawatan Mudah Wallpaper Dinding | TIPS 'N TRICKS

Wallpaper dinding menjadi unsur pemikat ruang dengan ragam motif, warna dan tekstur yang dapat dipilih sesuai selera. Suasana interior yang berbeda dapat Anda rasakan walau hanya dengan pengaplikasian wallpaper pada salah satu bidang dinding dalam ruang. Tema ruangan sesuai gaya desain interior yang diinginkan pun dapat dipenuhi oleh wallpaper dinding.  Itulah salah satu keunggulan wallpaper (baca: Mengapa wallpaper dinding?). 

  

Selain kelebihan dari segi fungsi, yang membuat bahan pelapis dinding ini unggul dibanding bahan lainnya seperti pemakaian batu ekspos, bilik bamboo, panel kayu, cat tembok dan sebagainya, adalah perawatannya yang mudah. Kemudahan perawatan sering kali menjadi pertimbangan utama dalam memilih material finishing atau pelapis dinding. Semakin mudah dan praktis, semakin banyak digemari bahan tersebut; terutama bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu membersihkan rumah.

Bandingkan jika Anda memakai batu ekspos sebagai elemen pelapis dinding. Batu ekspos ini harus dirawat secara berkala agar tidak tumbuh jamur. Demikian pula jika menggunakan bilik bamboo, Anda harus rajin membersihkan debu yang bersarang di celah-celah anyaman tersebut. Cat tembok pun juga membutuhkan perawatan dan perlu dicat ulang apabila warnanya mulai memudar.

 

Dengan pengaplikasian wallpaper dinding yang motifnya menyerupai batu ekspos, panel kayu atau anyaman bamboo, jelas kesulitan dalam hal perawatan dapat teratasi. Namun, bukan berarti penggunaan wallpaper dinding ini benar-benar tak membutuhkan perawatan.  Ini sebetulnya tergantung dari jenis dinding yang dilapisi wallpaper tersebut. Jika  dinding tembok lembab, otomotis wallpaper akan berjamur.  Ada kalanya, sisi-sisi wallpaper dinding terkelupas. Hal ini biasanya dikarenakan pengaplikasian lem wallpaper dinding yang kurang sempurna. Selain dua hal tersebut, pemakaian wallpaper dinding pun tak lepas dari resiko rusak tergores atau sobek kena benda tajam. 

Perawatan lainnya agar wallpaper dinding tahan lama adalah dengan menghindari dari sengatan sinar matahari langsung agar warna tak cepat pudar. Hampir semua wallpaper dinding yang diproduksi kini menggunakan jenis bahan lapisan vinyl. Dengan demikian, permukaan wallpaper dinding tersebut dapat dengan mudah dibersihkan menggunakan lap basah. (lihat ikon pada tiap label gulungan wallpaper dinding). Dengan demikian, wallpaper memiliki keunggulan lain dalam perawatannya yaitu bersifat washable atau spongeable. Hal itu berarti permukaan wallpaper dapat “dicuci”.

Bagaimana cara membersihkan permukaan dinding yang diberi wallpaper yang dapat dicuci? Cara mencucinya gampang ternyata. Pertama-tama, siapkan air bersih pada ember dan tambahkan sedikit detergen ke dalam ember lain yang berisi air. Celupkan spons atau kain lembut ke dalam ember yang berisi air sabun. Peras spons tersebut dan basuh permukaan dinding yang dilapisi wallpaper dengan gerakan melingkar. Dengan  kain basah yang berbeda, basuh permukaan dinding tersebut  hingga busa menghilang. Segera keringkan dengan lap bersih yang kering agar wallpaper tidak menjadi lembab atau agar air tak merembes masuk ke lapisan dalam wallpaper dinding.

Nah, tadi merupakan ulasan singkat mengenai keunggulan wallpaper dinding dari segi perawatan, disertai cara mudah membersihkan permukaan dinding yang dilapisi wallpaper. Berminat untuk menghias ruang dengan mengaplikasikan wallpaper dinding? Silakan kunjungi toko wallpaper dinding kami atau jelajahi web kami untuk mencari motif yang diinginkan. Kami juga membuka peluang reseller bagi Anda yang ingin berbisnis wallpaper dinding di kota Anda. Hubungi Customer Service kami sekarang juga! Selamat berkreasi dengan wallpaper dinding!

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University