Ragam Motif Klasik | Serba-serbi
article

Ragam Motif Klasik | Serba-serbi

Walau perkembangan desain sudah sangat beragam, namun gaya klasik masih tetap digemari bagi sebagian kalangan. “Klasik” biasanya mengungkapkan beberapa kualitas artistik - ekspresi hidup, kebenaran, dan keindahan. Klasik memiliki daya tarik universal tertentu. Gaya ini adalah gaya yang elegan dan kaya detail, yang ditemukan baik dalam struktur furnitur, pencahayaan, dan sebagainya termasuk dalam motif.  Memang desain interior gaya klasik dapat membuat hunian rumah menjadi mewah dan elegan. Sebagaimana ruangan bergaya klasik dengan aplikasi wallpaper dinding berikut ini.

Mystic

Warna emas sering digunakan sebagai aksen dalam ruang bergaya klasik untuk menambah kesan elegan dan mewah. Warna emas ini biasa dihadirkan dalam bentuk pigura, aksesoris interior serta pajangan ruang lainnya. Furniture dengan profil dan ukiran pun mendukung gaya desain interior klasik. Tak hanya itu, interior bergaya klasik tak lengkap jika tak diberi sentuhan wallpaper pada dinding ruangan. Benar jika wallpaper dinding melengkapi interior bergaya klasik baik itu untuk hunian rumah tinggal, hotel, butik dan ruang komersial lainnya.

Pada artikel ini, dibahas beberapa motif wallpaper dinding yang cukup popular beserta paduan motifnya untuk menambah kesan klasik pada interior ruang. Terlihat bahwa mewahnya desain interior gaya klasik tak lepas dari bentuk lengkung yang sangat dekoratif, motif bunga dan warna emas, coklat dan maroon yang berkesan mahal. Motif klasik ini biasanya memiliki pola berulang dengan ukuran yang relative besar, sehingga tak heran jika motif klasik ini banyak diterapkan pada ruangan yang cukup luas dan besar pula.

Mungkin Anda sering mendengar istilah damask. Namun apakah damask itu? Anda mungkin berpikir tentang damask sebagai jenis pola yang menampilkan motif rumit dengan pola berulang secara teratur. Damask (Arab) adalah kain berpola yang dapat dibalik/ pola yang terlihat di kedua sisi, biasanya digunakan untuk linen meja dan pelapis. Terbuat dari sutra, wol, linen, katun, atau serat sintetis dengan pola yang dibentuk oleh tenun. Kain dekoratif memiliki pola dari tekstur yang kontras tapi dengan warna yang sama.

Secara tradisional, damask memiliki warna monokromatik, terbentuk dari warna tunggal sutra atau linen. Pola ini dibedakan dengan cara memainkan cahaya dari benang. Sutra damask pertama, terdiri dari pola flora maupun fauna, diproduksi di Cina sekitar 300 SM. Sutra damast tersebut diperdagangkan sepanjang Jalan Sutra, yang membentang dari Timur Jauh ke Mediterania. Mungkin nama damask berasal  dari Damaskus, salah satu kota kafilah pedagang yang melewati perjalanan ke Eropa. (Read more: https://ktdoyle.wordpress.com/2009/01/19/the-history-of-damask/ )

Damask kini mengalami perluasan arti. Banyak yang meyebut motif atau pola seperti pada kain tenun dekoratif tersebut dengan istilah damask. Motif damask ini ternyata paling popular dan digemari untuk mendukung desain interior gaya klasik. (Klik pada gambar untuk informasi lebih lanjut)

    

Tak hanya motif damask, motif salur dengan banyak garis lengkung yang dekoratif pun dapat memberi kesan klasik pada interior ruangan Anda. Sedikit tips untuk Anda, untuk menambah kesan klasik, pilihlah dua macam motif yang berbeda. Aplikasikan kedua motif itu pada bagian atas dan bawah dalam bidang dinding yang sama. Berikan pemisah dengan menggunakan trim kayu atau border wallpaper dengan warna yang kontras namun tetap serasi. 

     

Wallpaper dinding motif gaya klasik ini banyak dijempai hampir di setiap koleksi katalog wallpaper. Namun ada beberapa katalog wallpaper dinding yang mengkhususkan koleksinya pada motif dan paduan bergaya klasik, sebagai contoh Mystic. Dalam katalog Mystic ini, beragam motif wallpaper dinding bergaya klasik ditawarkan. Tak hanya motif damask, namun terdapat pula motif sulur maupun motif garis-garis vertical sebagai paduannya, dengan nuansa warna-warna yang elegan dan mewah. Mengenai harga, koleksi wallpaper Mystic produksi Korea ini dibandrol Rp 390.000,-/ roll untuk 7 (tujuh) meter persegi bidang dinding.  

    

    

Mystic

Katalog wallpaper dinding lainnya yang banyak menawarkan desain motif klasik adalah Lovely. Wallpaper dinding produksi China ini dibandrol Rp 218.000,-/ roll untuk 5 (lima) meter persegi bidang dinding.  

    

Lovely

Ada pula Koleksi Royal Garden yang merupakan salah satu koleksi wallpaper dinding gaya klasik, dengan trend yang sekarang bergerak ke arah classic flower. Wallpaper dinding produksi China ini dibandrol Rp 318.000,-/ roll untuk 5 (lima) meter persegi bidang dinding.  

    

Royal Garden

Demikian ulasan mengenai motif klasik wallpaper dinding. Berminat? Kami menyediakan berbagai pilihan motif, warna dan tekstur wallpaper dinding klasik yang dapat Anda pilih sesuai selera. Wujudkan interior ruangan bergaya klasik dengan sentuhan akhir wallpaper dinding yang menambah kesan elegan dan mewah!

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University