7 Langkah Mudah Memasang Wallpaper Dinding | Tips ‘n Tricks
article

7 Langkah Mudah Memasang Wallpaper Dinding | Tips ‘n Tricks

Wallpaper dinding dapat menjadi alternative bahan pelapis dinding, di samping cat. Selain menawarkan motif dan warna serta tekstur yang bervariasi, wallpaper pun cukup bersaing dalam hal harga jika dibandingkan cat. Apabila dihitung-hitung mengenai biaya perawatan, pemakaian wallpaper dinding dapat lebih ekonomis dibanding cat dinding.

Langkah awal cara memasang wallpaper dinding adalah menentukan bidang dindng mana saja yang akan dilapisi wallpaper dan tema apa yang ingin diciptakan dalam interior ruang tersebut. Untuk itu kita dapat mencari-cari desain dan motif yang diinginkan melalui internet. Untuk pilihan produk serta informasi harga, klik di sini. Kemudian, setelah pilihan telah jatuh pada produk tertentu, Anda dapat langsung mengunjungi toko wallpaper dan membeli roll sesuai kebutuhan.

Untuk pemasangan wallpaper sebetulnya tidaklah sulit. Berikut ini disampaikan 7 langkah mudah memasang wallpaper.

 

7 Langkah Cara Memasang Wallpaper Dinding

 

Langkah 1

Pastikan kualitas permukaan dinding terlebih dahulu. Permukaan dinding haruslah halus, rata, kering dan bersih. Sangat dianjurkan untuk  menggunakan alat seperti kape untuk menghilangkan butir-butir/ gelembung atau retak-retak pada permukaan dinding. Jika sebelumnya dinding yang akan dipasang wallpaper telah terpasang wallpaper, selalu lepas/ kelupas wallpaper dinding lama tersebut. Permukaan dinding yang lembab sebaiknya diberi perawatan terlebih dahulu.

Langkah 2

Persiapkan peralatan dan perlengkapan untuk memasang wallpaper. Peralatan yang digunakan antara lain gunting atau cutter, meteran, pensil, kape, roll atau kuas cat tembok dan sponge lembab atau kain lap bekas. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah ember untuk mengaduk lem dan tangga alumunium. Jika bidang dinding yang akan dipasang cukup tinggi, Anda harus menyiapkan esteger. Esteger dapat disewa per hari.   

Langkah 3

Periksa tampilan dan kondisi dari bahan wallpaper dinding sebelum memotong lembaran. Pelajari ikon yang terdapat pada kemasan/ gulungan wallpaper dinding. Setiap ikon memiliki arti baik kualitas bahan maupun cara pemasangan. Sebagai langkah awal, potonglah gulungan tunggal, karena dapat memperlihatkan beberapa cacat kecil tepat setelah menggantung dua sisi pertama dengan lembar samping.

Langkah 4

Pilih sudut yang tidak begitu menarik perhatian sebagai titik permulaan memasang lembaran wallpaper dinding. Ukur jarak dari sudut 1 cm  kurang dari lebar bahan. Beri tanda pada titik tersebut dan tandai dinding sepanjang garis sebagai panduan pemasangan. Anda dapat menggunakan benag Kasur yang digantung pada langit-langit.  Ukur ketinggian maksimum dinding yang akan dipasang wallpaper. Tentukan titik temu pada sebelah lembaran dan potong lembaran pada ketinggian dinding maksimum dan beri 5cm kelebihan bahan di atas dan bawah untuk pemotongan.

Langkah 5

Gunakan lem yang cocok sesuai dengan jenis bahan wallpaper yang dipilih dan ikuti instruksi yang diberikan pada kemasan lem tersebut. Campur bubuk lem dengan air sesuai instruksi. Biasanya 1 bungkus lem 30gr dapat digunakan hingga 6 roll wallpaper ukuran kecil. Sebarkan lem pada sisi belakang dari lembaran wallpaper tadi. Lipat lembar seperti buku saku (permukaan yang dibeli lem saling berhadapan) dan biarkan 5 sampai 15 menit tergantung pada bahan (kertas atau vinyl); setelah itu gantung di dinding.

Langkah 6

Tempatkan lembaran dalam posisi garis tegak lurus, tumpang tindih di langit-langit, alas tiang dan di sudut. Haluskan ke dinding menggunakan spons atau handuk tipis. Tujuan penghalusan ini adalah untuk menghilangkan semua gelembung udara merekatkan wallpaper dengan permukaan dinding. Pangkas di bagian bawah, langit-langit dan sekitar pintu dan jendela dengan gunting atau menggunakan cutter. Tempatkan lembaran tadi di dinding, dan cocokkan dengan pola pada setiap titik lembaran dari permukaan lantai ke langit-langit.

Langkah 7

Hapus semua sisa lem yang meleber menggunakan spons lembab. Dinding pun menjadi berbeda tampilannya setelah dipasang wallpaper. Jika Anda mengalami kesulitan, carilah video referensi pemasangan wallpaper yang banyak diunggah di internet.

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University