20 Ragam wallpaper dinding motif material alami | Serba-serbi
article

20 Ragam wallpaper dinding motif material alami | Serba-serbi

Seperti yang kita ketahui, jenis material yang dipakai sebagai bahan bangunan bisa berasal dari alam dan buatan pabrik. Material alam yang sering dipakai sebagai bahan interior yang diekspos antara lain batu palimanan, batu templek, granit, marmer, kayu dan bambu. Adapun material buatan pabrik yang dimaksud adalah material yang tentu saja bahannya berasal dari alam, namun mengalami pengolahan. Contohnya lembaran papan MDF yang sering digunakan sebagai bahan furniture, berasal dari serbuk kayu yang dipadatkan melalui proses fabrikasi. Material buatan pabrik lainnya adalah parket, kaca, gypsum, ubin keramik dan sebagainyya. Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, material buatan pabrik dapat menyerupai material alam baik itu moti, warna dan teksturnya. Akan tetapi, material buatan pabrik terkesan kaku karena motfnya yang berulang, berbeda dengan material alam yang motif dan seratnya dapat berbeda satu sama lain. Dan itulah yang membuat material alam masih digemari.

Namun material buatan pabrik pun memiliki kelebihan dan seringkali menjadi pertimbangan ketika melakukan pembelian. Mengenai harga, terkadang material buatan pabrik lebih murah. Seperti yang telah disinggung di atas, material alam mahal karena dinilai dari segi estetisnya yang mana tidak didapatkan dari material buatan pabrik. selain itu, pada umumnya merawat material interior buatan pabrik lebih mudah dan juga murah. Sebagai contoh dibandingkan dengan material alam sepertii marmer atau lantai papan kayu jati, dengan menggunakan material buatan pabrik, Anda tidak perlu memoles atau memberi lapisan pelindung ulang ketika material tersebut terlihat kusam. Dua hal inilah yang terkadang menjadi pertimbangan ketika memilih untuk menggunakan material buatan pabrik sebagai bahan untuk interior bangunan - murah dan mudah dalam perawatannya!

Untuk itu, produsen wallpaper dinding pun turut menawarkan walllpaper dinding motif bahan alam sebagai alternatif penggunaan material alam untuk melapisi dinding. Seiring perkembangan tekknologi, motif yang ditawarkan kini benar-benar menyerupai aslinya selain warna dan teksturnyya. Bahkan terkadang kita tak menyadari jika dinding tersebut ternyata dilapisi wallpaper dinding.Berikut ini terdapat beberapa motif wallpaper dinding terinspirasi dari material alam.

 

Jade

Wallpaper motif bilah-bilah bambu ini terlihat alami, dengan warna dan tekstur menyerupai aslinya. Cocok diterapkan pada ruangan bertema oriental maupun tema natural. Tambahkan aksesoris seperti guci atau pring antik serta elemen interior lainnya berbahan alam untuk mempercantik ruangan.

Marvel Stone

Wallpaper dinding motif batu alam ini hadir dalam beragam motif, warna dan tekstur yang berbeda. Ruangan Anda bergaya klasik, minimalis modern, vintage sekalipun, motif batu alam ini tetap cocok diaplikasikan pada dinding sebagai aksen. 

Marvel Stone

Back to nature dengan batu alam. Wallpaper dinding motif batu alam dengan pola susun sirih maupun pola acak ini membawa nuansa alam yang indah dan menyejukkan ke dalam ruangan. Aplikasikan pada salah satu bidang dinding sebagai aksen yang mempercantik ruang. 

Stone Gallery

Walaupun tampilan dinding tak minimalis, namun wallpaper motif batu andesit ini sah-sah saja diterapkan pada dinding ruangan bergaya minimalis. Dinding dengan motif batu andesit yang menonjol ini memberikan kesan kokoh dan dapat digunakan sebagai aksen pada ruang. Tampilan yang atraktif membuat ruang keluarga Anda unik dan berbeda. 

Stone Gallery

Penggunaan wallpaper dinding dengan motif, warna dan tekstur batu alam menambah kesan kokoh pada dinding ruangan Anda. Wallpaper dinding motif batu andesit dengan pola susun sirih ini dapat diterapkan dalam ruangan bergaya minimalis maupun kontemporer modern sekalipun. Dengan perawatan yang minim, dinding ruang Anda tetap terlihat atraktif dan beda. Cocok diaplikasikan pada rumah mungil pasangan muda yang sibuk beraktivitas di luar rumah. 

The Stone Theraphy

Terkadang mengekspos dinding bata membut ruangan terkesan unik dan eksotik. Namun sering menjadi pertimbangan ikalau dinding bata tidak diplester, pasti akan menyulitkan dalam hal erawatannya di kemudian hari. Namun dengan pengaplikasin wallpaper dinding motif batu bata yang dieskpos ini, kekhawatiran Anda mengenai perawatan yang rmit akan hilang seketika. Tak hanya dalam ruangan bertema etnik, motif bata ini cocok juga diterapkan dalam ruangan modern minimalis dan kontemporer juga lho!

The Stone Theraphy

Batu alam mempercantik ruang keluarga. Wallpaper dinding motif batu templek ini - baik pola acak maupun pola koboi Bandung - dapat diaplikasikan di ruang mana saja yang Anda inginkan untuk mendapatkan kesan alami. Anda tidak perlu khawatir dinding batu Anda berlumut karena ini hanyalah motif wallpaper dinding yang menyerupai batu templek baik dari motif, warna dan teksturnya. 

Natural

Wallpaper dinding motif dan tekstur papan kayu ini terlihat eksotis menghias ruang. Dengan warna putih ditambah hiasan berupa stempel peti kemas, motif ini cocok diapikasikan pada ruangan bergaya retro atau vintage. Tambahkan aksesoris seperti koper antik maupun poster quotes bergaya retro untuk memperkuat kesan vintage. 

Natural

Kesan alami dari batu alam tergambar dengan warna yang khas dan tekstur yang unik pada wallpaper dinding ini. Anda dapat memilih nuansa warna yang diinginkan untuk mempercantik ruangan, apakah itu nuansa modern maupun etnik. Jika ruangan bergaya modern, namun Anda ingin membawa unsur alam ke dalam ruang, maka wallpaper dinding motif batu alam pola mosaik dalam nuansa warna abu-abu ini adalah pilihan yang tepat. Sebaliknya, jika ingin menampilkan kesan etnik dan hangat dalam ruang, pilihlah nuansa warna coklat. 

Natural

Wallpaper dinding motif bilah kayu dan potongan balok kayu ini sangat  unik dan dapat dijadikan focal point dalam ruang. Dengan perawatan yang minim, tentu saja Anda tak perlu khawatir dinding kayu Anda akan berjamur, ataupun lapuk dimakan rayap, karena ini adalah motif wallpaper dinding! 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University