Kenali Jenis Dinding yang akan Dilapisi Wallpaper | Serba-serbi
article

Kenali Jenis Dinding yang akan Dilapisi Wallpaper | Serba-serbi

Untuk menciptakan suasana ruang tertentu, mungkin menggunakan wallpaper dinding adalah pilihan yang tepat. Dengan motif, warna dan tekstur yang beranekaragam, ruangan yang dilapisi wallpaper dinding akan membantu mewujudkan suasana atau kesan yang diinginkan dalam ruang dalam sekejap. Selain itu, wallpaper dinding pun dapat memanipulasi kekurangan ruang yang dimiliki. Namun tidak semua dinding dapat langsung dilapisi wallpaper. Untuk itu, ada baiknya Anda mengenal jenis-jenis dinding yang akan dilapisi wallpaper.

 

Dinding Baru

Jika Anda memiliki ruang dengan dinding yang benar-benar baru, tentunya Anda dapat langsung memasang wallpaper pada bidang dinding yang diinginkan. Dinding baru merupakan bidang yang paling mudah untuk dipasang wallpaper dinding karena kondisinya yang masih baik. Anda hanya membutuhkan lem wallpaper untuk merekatkan wallpaper dinding. Anda dapat menggunakan kuas cat atau roll cat untuk membubuhkan lem pada bagian belakang kertas wallpaper dinding. Selanjutnya Anda tinggal menempelkan wallpaper pada bidang dinding yang diinginkan. Gunakan alat bantu seperti kape khusus untuk membantu melekatkan dan menggosok wallpaper agar terpasang sempurna. Selain itu, menggosok-gosokkan wallpaper juga berfungsi untuk mengeluarkan udara agar tidak menimbulkan gelembung-gelembung udara.

       

 Dinding Bekas Wallpaper

Bosan dengan suasana ruang yang ada sekarang? Anda bisa saja menggunakan wallpaper dinding dengan motif yang dapat menciptakan suasana ruang baru yang Anda inginkan. Namun, jika dinding tersebut telah dilapisi wallpaper, tentu saja Anda harus melepas wallpaper dinding itu terlebih dahulu. Berbeda dengan cat, jika dinding ingin diberi cat baru, Anda dapat menimpanya ata memberi kapur pada dinding untuk menetralkan warna. Namun, perlakuan ini tidak dapat diterapkan pada wallpaper dinding. Anda tidak bisa langsung menempel wallpaper dinding pada dinding-dinding yang telah dilapisi wallpaper. Wallpaper tersebut tidak melekat dan bertahan lama. Selain itu tekstur yang diperoleh pun menjadi kurang bagus.

Cara yang termudah untuk melepas wallpaper dinding adalah  dengan membasahi bidang dinding tersebut dengan spons basah. Diamkan selama 10-15 menit. Dengan demikian kertas wallpaper akan mudah dikelupas seperti Anda mengelupas perangko dari amplop. Setelah itu, carilah bagian sambungan wallpaper dan kelupas pinggirnya menggunakan cutter. Tarik perlahan hingga kertas wallpaper terkelupas dari dinding. Jika ada beberapa bagian kertas yang marih merekat pada dinding, Anda bisa menggunakan kape untuk mengerik sisa-sisa wallpaper tersebut.  Anda dapat juga meminta bantuan pada tukang jasa pasang wallpaper yang berpengalaman. Jasa pasang wallpaper biasanya akan memasang tarif lebih jika akan memasang wallpaper pada dinding yang masih diberi wallpaper.

Sumber foto: www.thisoldhouse.com

Dinding Lama

Untuk bidang dinding lama yang ingin dilapisi wallpaper dinding, tentu saja Anda harus benar-benar memerhatikan kondisi dinding tersebut. Apakah ada retak-retak, permukaan berlubang, berjamur, tidak rata, cat yang terkelupas dan sebagainya. Jika dinding lama tersebut berlubang, Anda harus menambalnya dengan memberi dempul terlebih dahulu. Demikian pula jika permukaan dinding tidak rata, Anda harus memperbaiki hingga dinding menjadi rata dan mulus. Jika dinding berjamur, tidak disarankan menempel wallpaper pada bidang dinding tersebut karena dinding tersebut lembab. Wallpaper terbuat darikertas sehingga rentan air dan akan membuat wallpaper membusuk jika ditempel pada bidang dinding yang lembab tersebut.

Sumber foto: http://www.cerahmenakjubkan.com/tips-tricks-retak-rambut.html

Dinding Plesteran

Jika dinding yang ingin dilapisi wallpaper berupa dinding plesteran tanpa finishing cat, dinding tersebut minimal berumur 3-4 bulan baru dapat diaplikasikan wallpaper. Sebelum pasang, dinding plesteran harus dibersihkan dengan air cuka. Permukaan dinding tersebut harus digosok untuk menghilangkan sisa plesteran yang menonjol. Jika ada celah atau retak-retak pada permukaan dinding, tamballah dengan plester yang diisi lapisan lateks.

 

Dinding Tripleks

Wallpaper hanya dapat dipasang pada bidang tripleks permukaan kayu bukan permukaan yang telah dilapisi melamic (warna putih). Pada dasarnya, memasang wallpaper pada dinding tripleks sama halnya dengan dinding tembok plesteran biasa.  Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika memasang wallpaper pada dinding tripleks. Yang pertama adalah pastikan dinding tripleks tersebut rata dan tidak berserabut. Buanglah serrabut-serabut kayu yang keluar agar permukaan benar-benar mulus dan siap dipasang wallpaper. Selanjutnya lap permukaan dinding tripleks tersebut agar permukaannya menjadi lembap. Dengan demikian, lem akan mudah meresap dan wallpaper akan melekat kuat pada dinding tripleks tersebut. Hal ini berlaku juga untuk dinding gypsum.

 

Dinding Kaca, Cermin, Keramik

Baik dinding kaca atau cermin maupun dinding yang telah dilapisi keramik berglazur tidak dapat dilapisi wallpaper. Permukaan dinding tersebut cenderung licin sehingga lem tidak dapat kuat merekat pada bidang dinding tersebut. Untuk itu, ada alternative lain jika Anda ingin memberi sentuhan dekoratif pada dinding kaca/ cermin atau keramik tersebut. Anda dapat menempelkan cutting sticker dengan motif yang dekoratif. Bersihkan terlebih dahulu permukaan dinding tersebut hingga bersih dan licin agar cutting sticker tersebut melekat sempurna dan tahan lama. Cutting sticker yang berkualitas biasanya dapat mudah dilepaskan dan tidak meningglkan bekas pada bidang dinding tersebut.

 

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University