10 Motif Wallpaper Dinding Ruang Keluarga | Desain
article

10 Motif Wallpaper Dinding Ruang Keluarga | Desain

Ruang keluarga dapat dikatakan sebagai jantung dari sebuah hunian rumah tinggal. Mengapa demikian? Ruang keluarga merupakan tempat berkumpulnya penghuni rumah dari Ayah, Ibu hingga anak-anak. Setelah sekian jam memiliki rutinitas di luar rumah, biasanya para penghuni rumah akan berkumpul di malam hari untuk sekedar mengobrol, bersantai atau menonton TV bareng. Oleh karena itu, sebuah ruang keluarga tidak boleh luput dari sentuhan desain. Sebaiknya ruang keluarga dapat mencerminkan karakter keseluruh penghuni rumah. Dengan demikian, biasanya ruang keluarga memiliki tema yang sama dengan tema arsitektur atau desain interior secara keseluruhan. Berikut terdapat 10 inspirasi desain interior ruang keluarga yang dipercantik dengan sentuhan wallpaper dinding sehingga mencerminkan tema, konsep dan gaya desain interior tertentu. Mari simak satu per satu!

1 American Flower

Place 2 2071-4

Gaya vintage dengan bunga-bunga dan warna pastel memang sedang trend saat ini. Pada inspirasi desain di atas, wallpaper dinding motif floral bernuansa biru memberi kesan vintage. Dipadukan dengan sofa putih gading bergaya modern, membuat ruang keluarga menjadi nyaman untuk bersantai bersama seisi rumah. Wallpaper dinding yang dipilih merupakan paduan antara motif bunga tabur kecil dengan motif rangkaian bunga besar untuk mengurangi kesan monoton. Anda bisa memasang beberapa motif berbeda pada bidang dinding yang beda. Beberapa produsen menawarkan desain motif dan warna wallpaper dinding dengan beberapa alternatif namun satu tema yang senada. Sehingga memudahkan Anda dalam memadupadankan motif dan warna.

 

2 Yellow Sunnyday

Blooming and Gold NPP256804

Motif bunga memang seringkali menjadi primadona untuk mempercantik ruang. Demikian pula warna kuning merefleksikan keceriaan, kehangatan dan semangat dalam ruang. Wallpaper dinding motif tangkai bunga berwarna kuning lembut memberikan keceriaan dan juga menambah kehangatan dalam ruang keluarga. Bercengkrama bersama anak-anak akan semakin akrab dalam ruang keluarga ini. Tambahkan sofa berwarna kuning terang untuk mempermanis ruang!

 

3 Black and White

Blooming and Gold NPP257402

Jika ruang keluarga memiliki luas terbatas, pilihan warna putih adalah tepat. Warna putih biasa mendominasi elemen interior baik itu lantai, dinding hingga langit-langit dan juga furniture. Agar ruangan tidak terasa sepi dan monoton, Anda bisa memilih warna kontras seperti hitam pada beberapa elemen interiornya. Warna hitam dan putih yang kontras membuat ruang keluarga terkesan bersih. Berikan unsur pemanis seperti wallpaper dengan motif kombinasi nuansa warna hitam dan putih dipadukan dengan bidang hitam sebagai aksen dalam ruang. 

 

4 Lengkung dan Dinamis

Place 2 2073-1

Warna netral dan terang memang sangat tepat diaplikasikan pada ruang yang memiliki lahan terbatas. Dengan penggunaan warna yang terang tersebut membuat ruangan terkesan lega. Motif wallpaper dinding yang melengkung-lengkung dan dinamis ini sangat serasi dipadankan dengan meja kopi bundar dan sofa berbentuk melengkung. Agar tidak terlalu ramai, gunakan wallpaper dinding motif yang cenderung polos pada bidang-bidang dinding lainnya..

 

5 Creamy Room

Dynamic DF4041

Nuansa warna krem bisa dikatakan warna favorit bagi kebanyakan ruang keluarga. Selain netral, warna krem ini memberi suasana hangat dan tenang secara psikologis. Dinding didominasi oleh warna krem polos untuk keseluruhan ruang. Adapun salah satu bidang dinding di belakang sofa diberi aksen berupa wallpaper dinding bermotif garis vertikal yang meliuk-liuk dalam nuansa warna coklat-krem-abu. Beri bantalan sofa nuansa warna coklat-krem beraneka nada sebagai aksen dalam ruang. Tambahkan cermin berpigura untuk menambah kesan luas ruangan.

 

6 Hijau yang Menyegarkan

Dynamic DF4052

Mengapa memandang alam seperti hamparan sawah atau perkebunan teh nan hijau serta pegunungan membuat mata kita rileks dan nyaman? Warna hijau memang melambangkan alam. Secara psikologis, warna hijau bersifat menenangkan, menyegarkan, serta dapat mengumpulkan daya-daya baru (Swasty, 2010). Untuk itu, tak ada salahnya mengaplikasikan warna hijau ke dalam ruang keluarga seperti memasang wallpaper dinding bermotif abstrak nuansa warna hijau. Kegiatan berkumpul, bersenda gurau dan mengobrol bersama anggota keluarga menjadi lebih segar dan dapat mengumpulkan kekuatan baru untuk memulai aktivitas keesokan hari.

 

7 Ruang Minimalis Kenyamanan Maksimalis

Blooming and Gold NPP257806

Saat ini sebuah hunian tempat tinggal dengan ruang keluarga yang luas sangat mahal didapat. Selain harga yang melambung tinggi, sekarang memang jamannya memiliki dua anak, sehingga anggota keluarga dalam rumah tidak banyak. Tinggal di apartemen pun sudah menjadi gaya hidup bagi pasangan muda saat ini. Jika ruang keluarga yang ada tak begitu luas, sebaiknya pilih warna-warna muda dan terang untuk elemen interior baik itu dinding, lantai, plafond hingga tirai, sofa, dan furniture lainnya. Namun agar tak begitu polos, aplikasikan wallpaper bermotif dengan warna yang cenderung gelap untuk memberi kesan mewah dalam ruang. Ruangan minimalis ini dapat memberikan kenyamanan yang maksimalis. 

 

8 Kemewahan Ungu

Casablanca BW5903

Ungu, warna yang melambangkan kemewahan dan penuh harapan. Warna ini juga bersifat feminin dan romantis. Warna ungu gelap yang banyak digunakan umumnya mengesankan kesetiaan, kekuatan dan kemewahan (Swasty, 2010). Wallpaper dinding nuansa warna ungu hitam ini memberi kesan mewah dalam ruang keluarga. Tambahkan bantal-bantal berwarna ungu untuk memberi harmonisasi pada ruang keluarga.

 

9 Eksperimen Motif

Place 2 2084-3

Beruntunglah jika memiliki ruang keluarga yang cukup luas. Anda dapat lebih leluasa menata dengan menempatkan berbagai furniture dan aksesoris interior ke dalam ruangan. Dengan ruangan yang luas, Anda dapat pula bereksperimen dengan memasang wallpaper dinding dengan motif-motif yang berukuran besar sehingga tetap terlihat proporsional dengan ruangan yang ada. Padukan dengan wallpaper dinding bertekstur atau motif kecil agar ruanan tidak terlihat ramai.

 

10 Klasik Modern

Mida M7019-4

Sekali lagi, gaya desain klasik masih menjadi pilihan untuk hunian rumah tinggal. Bagaimana menciptakan nuansa klasik ke dalam hunian modern? Jika Anda sudah memiliki sofa, meja dan lemari berbentuk minimalis, tak perlu mengganti keseluruhan furniture dalam ruang. Ciptakan gaya desain klasik secara instant dengan mengaplikasikan wallpaper dinding motif damask yang berkesan klasik. Nuansa warna abu-abu pada pemilihan wallpaper dinding ini memberikan kesan modern. Sehingga terciptalah ruang keluarga bergaya klasik modern.

 

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University