10 Motif Wallpaper Dinding Kamar Tidur Utama | Desain
article

10 Motif Wallpaper Dinding Kamar Tidur Utama | Desain

Kamar tidur utama sering mendapat perlakuan lebih, dikarenakan kamar tidur utama merupakan jantung hunian rumah tinggal. Nyaman tidaknya suatu hunian dilihat dari kamar tidur utama yang merupakan ttempat beristirahat sang pemilik rumah. Selain melengkapi kamar tidur utama dengan furniture yang nyaman dan sesuai dengan kepribadian pemilik, kamar tidur utama pun layak diperlakukan lebih. Salah satunya dengan memperindah melalui pengaplikasian aksesoris interior yang sesuai dengan gaya interior ruangan mulai dari bed cover, seprai, bantal, tirai dan kap lampu termasuk memperindah dinding menggunakan wallpaper dinding yang bervarisi motifnya. Berikut ini ditampilkan inspirasi desain kamar tidur utama yang mengaplikasikan wallpaper dinding untuk mempercantik ruang.

1. Hangat dan Menenangkan

Dynamic XD20303

Kamar tidur utama ini terasa hangat dan menenangkan. Tentu saja itu merupakan efek dari pemilihan warna bernuansa coklat. Menurut penelitian, warna alam ini dapat memberi kesan menenangkan. Pemilihan warna coklat diterapkan pada dinding, lantai hingga elemen interior lain seperti selimut, bantal, tempat tidur dan easy chair. Wallpaper dinding motif menyerupai batik ini diaplikasikan hanya pada beberapa bidang dinding seperti pada dinding belakang tempat tidur. Dinding lain dibiarkan menggunakan cat tembok dengan warna coklat senada dengan warna wallpaper dinding itu sendiri. 

2. Abstrak nan Dinamis

Galaxy 708-3

Warna netral masih mendominasi desain kamar tidur utama. Tempat tidur dan nakas warna putih berpadu manis dengan dinding berwarna coklat sebagai latar belakangnya. Wallpaper motif abstrak yang dinamis ini cocok dengan ruangan bergaya kontemporer. Sebaiknya, jika Anda memiliki ruang dengan lahan terbatas, aplikasikan warna-warna muda pada bidang dinding lainnya agar ruangan terasa lebih lapang.

3. Nuansa Hotel Berbintang

Jade 276704

Salah satu menyiasati keterbatasan lahan dalam hunian rumah tinggal adalah dengan menggunakan furniture yang dirancang built-in. Contohnya pada gambar di atas ini, tempat tidur didesain menyatu dengan nakas. Untuk memperindah ruang, tentu saja dinding di belakang sandaran tempat tidur tidak dibiarkan polos. Wallpaper dinding motif unik ini membuat seakan-akan dinding belakang tempat tidur empuk. Warna wallpaper dinding nuansa coklat sangat serasi dipadankan dengan furniture kayu berwarna coklat gelap. Ingin menghadirkan nuansa hotel berbintang ke dalam kamar tidur utama Anda? Mengapa tidak? 

4. Untuk Pasangan Muda

Lavetrina 2090-4

Bagi pasangan muda yang baru menikah, memiliki rumah tinggal sendiri adalah hal yang diidamkan. Dengan memiliki rumah sendiri, kita bebas untuk menata ruangan sesuai dengan keinginan sendiri. Kali ini dihadirkan inspirasi desain bergaya kontemporer yang cocok bagi pasangan muda yang aktif. Wallpaper dinding warna gelap ini membuat ruangan terasa eksklusif yang dipadukan dengan furniture berwarna hitam dan putih dengan bentuk yang minimalis. Seprai motif garis-garis mendukung nuansa kontemporer. Tambahkan jam dinding dan lampu tidur berbentuk unik!

5. Modern Kontemporer

Jade 277303

Kali ini, kamar tidur utama bergaya modern kontemporer ini hadir dalam nuansa abu-abu. Kesan futuristik didapat dari bentuk tempat tidur. Wallpaper dinding motif serat bambu dengan nuansa warna senada diaplikasikan untuk memberi kehangatan dalam ruang. Dengan motif serat bambu vertikal, membuat plafond ruangan terasa lebih tinggi. Motif wallpaper seperti ini cocok pada ruangan dengan plafond yang cenderung rendah.

6. Cantiknya Bunga

Galaxy 714-2

Bunga, apapun bentuk, warna dan ukurannya, tetap memiliki penampilan yang cantik. Dengan demikian, tak heran jika motif floral ini sering dihadirkan dalam berbagai produk fashion hingga aksesoris interior seperti tirai, karpet, seprai hingga wallpaper dinding. Pada inspirasi desain di atas, wallpaper dinding motif foral dengan ukuran kecil dapat mempercantik ruang dalam sekejap. Motif seperti ini dapat diaplikasikan di sekeliling ruang atau pada bidang dinding tertentu saja. Tambahkan aksesoris interior dengan warna biru senada agar ruangan terasa lebih harmonis.

7. Flower Story

Lavetrina 2086-3

Motif floral memberi kesan cantik pada ruang sehingga tak heran banyak orang yang menyukai motif semacam ini. Wallpaper dinding motif floral berukuran besar-besar ini diaplikasikan hanya pada bidang dinding belakang tempat tidur. Bidang dinding lain menggunakan wallpaper dinding polos dengan warna senada agar ruangan tidak terasa ramai. Pilih furniture berbentuk antik dengan warna netral untuk menambah kesan homy pada kamar tidur utama Anda! Kelambu dapat ditambahkan selain sebagai aksesoris interior tentu saja dapat berfungsi untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

8. Klasik Tak Pernah Padam

Lavetrina 2088-3

Interior bergaya klasik mungkin tak pernah padam. Gaya klasik ini masih ada peminatnya di jaman modern seperti sekarang ini. Gaya klasik dengan bentuk dan motif yang detail ini cocok diterapkan pada hunian yang memiliki ruang-ruang yang cenderung luas. Warna klasik memang identik dengan  warna putih gading dan kuning emas. Namun tak ada salahnya menggunakan nuansa warna gelap pada ruangan bergaya klasik. Warna gelap justru dapat menambah kemewahan dalam ruang. Tambahkan pencahayaan yang tepat agar ruangan menjadi berkesan hangat. 

9. Klasik Modern

Lavetrina 2101-5

Gaya klasik hadir kembali pada hunian modern seperti inspirasi desain di atas ini. Tempat tidur dan nakas berbentuk sederhana ditambah dengan pemilhan tirai yang sederhana tanpa poni dan renda ini memang menampilkan kesan modern. Ditambah lagi dengan pemilihan warna nuansa abu-abu dan putih yang netral dan modern ini. Namun, jika Anda ingin menampilkan desain bergaya klasik, Anda dapat mengaplikasikan wallpaper dinding dengan motif-motif klasik seperti motif damask. Tambahkan aksesoris seperti lampu gantung berbentuk antik yang menambah kesan klasik pada kamar tidur.

10. Padu padan Motif

Lavetrina 2105-2

Selain warna, motif memiliki efek luar biasa dalam menciptakan kesan ruang. Tidak selamanya kita harus memilih motif yang sama pada beberapa elemen interior. Agar ruang terasa indah, beberapa motif dapat diaplikasikan asalkan terdapat benang merah di antara motif-motif yang ada. Sebagai contoh, pada inspirasi desain di atas, motif wallpaper dinding sebetulnya berbeda dengan motif pada tirai dan selimut. namun, kesemuanya memiliki benang merah yaitu motif bergaya klasik yang mewah. Dengan demikian, tercipta kesan ruang yang elegan dengan padu padan yang cermat. Silakan bereksperimen dengan berbagai motif yang ada dan lihatlah hasilnya!

 

 

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University