Manipulasi Ruang dengan Wallpaper Dinding | TIPS 'n TRICK
article

Manipulasi Ruang dengan Wallpaper Dinding | TIPS 'n TRICK

Material pelapis dinding tak hanya sebatas cat tembok. Material pelapis dinding yang terbuat dari bahan kertas kini semakin populer. Banyak dijumpai mulai dari hunian sederhana, hingga ruang publik seperti toko, restoran, hotel, bahkan rumah sakit pun mengaplikasikan material ini. Dengan semakin banyaknya pilihan wallpaper dinding baik motif, warna, tekstur, maka kita semakin mudah memilah dan memilih untuk berbagai keperluan. 

Ternyata, wallpaper dinding tak hanya digunakan sebagai dekorasi pemanis ruang ataupun sekedar penutup dinding saja. Wallpaper dinding dapat digunakan untuk memanipulasi ruang. Dengan kecermatan seorang desainer, wallpaper dinding dapat membantu ruangan menjadi lebih luas, lebih lebar, lebih tinggi, dan sebagainya. Tentu saja hal itu dapat terwujud dengan memilih motif, warna dan tekstur wallpaper dinding yang tepat untuk melakukan koreksi terhadap kondisi ruangan yang kurang ideal. Seperti apakah itu? Mari kita bahas satu per satu.

Membuat Ruang Terasa Lebih Lapang

Di kehidupan sekarang, lahan yang luas terasa sulit dicari dan harganya mahal tentunya, apalagi di  kota-kota besar. Sehingga kini banyak bermunculan hunian mungil minimalis. Bagaimana jika kita memiliki keterbatasan lahan seperti ini? Ruang yang sempit dapat terasa lebih luas dan lapang dengan mengaplikasikan wallpaper dinding berwarna terang. Sebagaimana dalam teori warna, warna-warna yang terang dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Dengan demikian, cobalah untuk mengaplikasikan warna-warna seperti biru langit, hijau muda, kuning, krem, abu-abu muda pada keempat sisi dinding. dengan mengaplikasikan warna-warna terang tersebut, Anda akan mendapatkan kesan ruang yang lebih lapang. Jadi tidak perlu merombak bangunan atau menambah massa bangunan. 

Basic 369-3

 

Membuat Ruang Terasa Lebih Lebar

Terkadang kita mendapati ruangan yang cukup proporsional tingginya namun terasa sempit. Tak perlu bingung. Wallpaper dinding dapat menjadi solusinya. Pilihlah wallpaper dinding dengan motif garis-garis. Aplikasikan motif tersebut secara horisontal di salah satu bidang dinding. Walpaper dinding motif horisontal dapat menambah kesan lebar pada ruang. Anda cukup mengaplikasikan pada salah satu dinding atau beberapa bidang dinding yang dirasa perlu. Sebaiknya tidak mengapikasikan motif horisontal ini pada sekeliling ruang karena akan memberikan efek yang mengganggu pandangan dan akan melelahkan mata. Sebagai contoh, pasang wallpaper motif garis-garis horisontal di bidang dinding belakang sofa/ belakang sandaran tempat tidur.  

Basic 371-1

Basic 371-2a

Membuat Ruang Terasa Lebih Tinggi

Bangunan Belanda atau bangunan-bangunan jaman dahulu biasanya memiliki pafond/ langit-langit yang tinggi sehingga memungkinkan sirkulasi udara yang baik dalam ruang dan membuat ruangan lebih tinggi. Namun kini, karena efisiensi ruang, terkadang kita menjumpai plafond/ langit-langit yang rendah. plafond yang rendah tentu saja memberi efek menekan. Namun tidak perlu panik! Pilih saja wallpaper motif garis-garis vertikal yang tegak untuk memberi kesan dinding yang tinggi. dengan demikian, tercipta kesan ruang yang tinggi. Untuk hasil terbaik, pilih motif dengan warna-warna yang terang dan netral seperti abu-abu muda, biru langit, krem dan pink. 

 

Shania 313301-17

 

Membuat Ruang Terasa Lebih Hangat

Ada kalanya kita memiliki ruang yang cukup lapang dengan plafond yang tinggi. Bangunan publik seperti hotel, pusat perbelanjaan, bandara yang skalanya besar memang membutuhkan untuk menampilkan kesan mewah dan agung. Namun berbeda pada bangunan tempat tinggal. Terkadang kondisi tersebut justru membuat ruang terasa dingin, sepi dan kurang nyaman untuk dihuni. Bagaimana mengakalinya? Jika Anda merasa kurang nyaman dengan kondisi bangunan seperti itu, cobalah aplikasikan wallpaper dinding dengan motif yang besar-besar dan warna yang hangat dan cenderung gelap. Anda dapat mengaplikasikan pada seluruh bidang dinding dalam ruangan, tinggal cermat-cermat dalam memilih dan memasang motif wallpaper dinding tersebut. Dalam sekejap, ruang pun terasa lebih hangat dan intim! Pasang dengan lampu nuansa warm light untuk menambahh kehangatan dalam ruang!

Place 2011-1/ 2011-3

Place 2083-2/ 2084-3

Membuat Ruang Terasa Lebih Ceria

Inilah kelebihan wallpaper dinding dibandingkan material pelapis dinding lainnya seperti cat, anyaman bambu, panel kayu, dan sebagainya. Desain motif, warna dan tekstur yang tak terbatas menambah keistimewaan tersendiri pada wallpaper dinding. Dengan pemilihan dan pengaplikasian motif, warna dan tekstur wallpaper yang apik, ruang yang awalnya terasa polos dan biasa-biasa saja menjadi ceria. Efek luar biasa yang dapat Anda kreasikan dengan wallpaper dinding!

Dream World A5026-1/ A5028-2

Moncheri 1258/ 1264

 

Untuk melihat inspirasi dan berbagai motif wallpaper dinding, silakan mengunjungi website kami. Kami jual wallpaper dinding dengan harga bersaing. Kami juga membuka kerjasama dengan reseller dan agen wallpaper dinding. 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University