10 Motif Wallpaper Dinding untuk Anak-anak dan Balita | DESAIN
article

10 Motif Wallpaper Dinding untuk Anak-anak dan Balita | DESAIN

Kamar tidur merupakan kamar pribadi untuk anak Anda. Sebagai tempat di mana anak akan tumbuh dan berkembang, sebaiknya kamar anak dirancang sesuuai kepribadiannya dan dapat pula mendukung tumbuh kembang si anak. Di samping itu, anak-anak balita  masih memerlukan keamanan selain kenyamanan dalam ruang. Bagi anak balita, kamar menjadi sarang tempat mereka berkreasi, berimajinasi dan bereksplorasi. 

Artikel kali ini akan membahas inspirasi kamar tidur dan bermain untuk anak dan  balita. Anak dan balita yang dimaksud adalah anak usia 3 hingga 9 tahun. beruntunglah, karena Anda dapat memanjakan anak balita Anda dengan mendekor ruang mereka dengan wallpaper dinding motif beraneka ragam yang khusus dirancang untuk anak balita. tak hanya wallpaper beraneka ragam dan motif, border khusus dengan gambar karakter favorit atau motif fantasi turut mempercantik ruangan anak-anak dan balita. Banyak produsen wallpaper dinding memproduksi wallpaper untuk anak-anak termasuk balita dalam satu seri yang terdiri dari wallpaper polos, bermotif serta border dengan tema dan nuansa yang sama. dan untuk meningkatkan penjualan, produsen wallpaper banyak yang membeli lisensi karakter tertentu seperti dari Disney, Sanrio dan Marvel.

Berikut ini diuraikan 10 inspirasi piihan motif wallpaper dinding untuk kamar tidur maupun kamar bermain anak-anak dan balita:

1. Langit Ketujuh 

Dream World A5081-1

Wallpaper dinding motif awan paling sering dicari untuk menghias kamar anak-anak dan balita. Motif awan putih dengan latar belakang biru muda memang membuat suasana di dalam kamar anak menjadi tenang. Kali ini, motif awan hadir dengan gambar yang lebih fantasi. Motif awan dengan bentuk hewan seperti jerapah, gajah, kelinci dan kuda nil dapat menemani anak-anak dan balita Anda agar betah di kamarnya sendiri. Jadikan kamar tidur dan bermain anak Anda sebagai ruangan bermajinasi bagi mereka.  

2. Keceriaan di Taman Ria

Dream World A1015-1

Motif ini sesuai untuk kamar bermain anak balita baik anak laki-laki maupun perempuan. Warna latar belakang yang netral (putih) dipadukan dengan coretan gambar berwarna-warni membangkitkan suasana aktif dan ceria. Gambar roller coaster dan komedi putar di bagian bawah bidang dinding sebetulnya adalah border dengan ukuran 53 cm. Jika ingin memasang wallpaper dinding dengan kombinasi seperti ini, pastikan bidang dinding yang akan dilapisi wallpaper "bersih" dari furniture seperti tempat tidur, lemari baju dan meja belajar. Hal ini untuk menghindari motif roller coaster di bagian bawah agar terekspos. Dengan demikian, suasana seperti di taman ria dapat menambah keceriaan anak balita Anda di ruang pribadinya. 

3. Pemandangan Alam di Balik Dinding

Dream World A1029-1

Problematika hunian modern saat ini adalah keterbatasan lahan. Selain ukuran rumah yang tak terlalu luas, masalah lain yang ditimbulkan adalah hunian berdempet satu sama lain. Hal tersebut tentu saja membuat keterbatasan bukaan. dengan demikian, akan sulit menjumpai rumah modern dengan bukaan jendela yang lebar. untuk menyiasatinya, Anda dapat memanfaatkan satu bidang dinding yang bebas dari furniture untuk dihiasi mural pemandangan. namun jika budget Anda terbatas, maka mengaplikasikan wallpaper dengan motif pemandangan dapat menjadi pilihan yang cerdas. Wallpaper dinding motif awan dan langit kini hadir kembali dengan lebih fantasi. Pada bagian bawah terdapat border lebar 53 cm yang dipasang melintang sepanjang bidang dinding. Border dengan motif pemandangan hijau memberi kesegaran dan kesejukkan dalam ruang. Selain itu, warna biru langit yang dominan terasa harmonis dan memberi kesan tenang pada ruang. dengan penerapan wallpaper dinding motif pemandangan, anak-anak Anda serasa memiliki keterdekatan dengan alam. 

4. Kelembutan Warna Pastel 

Dream World A5097-2

Jika selama ini ruang bermain dan belajar anak-anak dan balita biasanya menggunakan warna-warna cerah, kali ini dihadirkan inspirasi desain ruangan dengan warna yang lebih lembut. Nuansa warna pastel sah-sah saja diterapkan untuk menghias ruang bermain anak-anak dan balita. Dengan motif yang cukup ramai, wallpaper dinding ini sebaiknya diaplikasikan pada salah satu bidang dinding saja. Tampilan warna pastel yang lembut menetralkan motif yang ramai tersebut. Wallpaper dinding ini sesuai untuk menemani anak balita Anda bermain dan belajar. 

5. Super Hero

Dream World 5074-1

Motif wallpaper dinding bergambar karakter Super Hero lisensi Marvel memberi kesan aktif dalam ruang. Karakter Captain America, Iron Man, dan Hulk digemari terutama oleh anak-anak lelaki yang sering menonton film Super Hero. Wallpaper dinding yang didominasi warna biru kali ini dipadukan dengan furniture dan lantai yang berwarna abu-abu. Warna netral tersebut berperan untuk menetralkan suasana. Di samping itu, kombinasi warna biru dan abu dapat bertahan lama. Dengan kata lain, kamar yang dirancang dengan nuansa warnadingin dan kalem ini masih dapat digunakan bahkan ketika anak-anak menginjak usia remaja.  

6. Kreasi Kreatif Kamar Tidur si Aktif

Dream World D5045-1

Wallpaper dinding motif salah satu karakter Disney yaitu Cars cukup digemari terutama anak laki-laki. Pada inspirasi kamar tidur anak-anak dan balita di atas, terlihat tidak semua bidang dinding dilapisi wallpaper dengan motif bergambar karakter Cars. Motif bergambar hanya sebagai focal point pada salah satu bidang dinding. Border jumbo selebar 53 cm motif garis-garis vertikal yang senada dengan motif wallpaper dinding keseluruhan diterapkan pada sekeliling ruangan. Walaupun ada bagian yang tertutup furniture seperti tempat tidur dan lemari nakas, namun hal tersebut tidak mengganggu karena motif garis-garis tersebut cukup padat dan berulang serta tidak terkesan terpotong. Pemilihan warna dan motif seperti pada inspirasi desain di atas cocok untuk diaplikasikan pada kamar tidur anak lelaki jagoa Anda yang aktif dan sportif.

7. Secantik Princess

Dream World D5043-1

Selain karakter dari film Cars, produsen wallpaper pun selalu mengeluarkan karakter-karakter Disney lainnya terutama yang sedang digemari anak-anak dan balita. Lisensi Disney yang dijadikan motif wallpaper dinding dapat meningkatkan penjualan produk dari produsen dan toko wallpaper dinding yang ada. Karakter Princess yang terdiri dari Bella "Beauty & the Beast", Cinderella, Snow White dan Putri Yasmin Aladdin merupakan karakter yang paling digemari dan dicari oleh anak perempuan usia 3 hingga 9 tahun. Nuansa merah muda pada wallpaper dinding bergambar Princess ini terlihat sangat cantik dipadukan dengan furniture dan elemen interior lainnya yang bernuansa merah muda. 

8. Dinginnya Negeri Salju

Dream World D5077-1

Sudut ruang kamar putri kesayangan terlihat lebih cantik dengan treatment dinding dilapisi wallpaper motif Princess Elsa, tokoh cartoon Frozen kegemaran putri Anda. Dinding dengan nuansa biru muda dan putih terlihat serasi dengan pemilihan furniture kayu berwarna putih pula. Adapun daybed yang memiliki multi fungsi sebagai tempat tidur dan tempat menyimpan barang-barang di bawahnya diberi soft furnishing kain berwarna biru muda. pemilihan warna yang muda dan netral membuat ruangan terkesan terang dan bersih. Jadi jika ukuran kamar yang tersedia tidak begitu luas, inspirasi desain di atas dapat Anda coba. 

9. Separuh Dinding

Dream World D5079-1

Desain lain yang dapat menambah inspirasi Anda ketika ingin menghias ruang dengan wallpaper seperti terlihat pada gambar di atas. Wallpaper dinding motif karakter BIG Hero 6 ini diaplikasikan hanya pada salah satu bidang tepat di belakang sofa daybed, sebagai focal point. Adapun bidang dinding lainnya menggunakan wallpaper motif polos dengan warna biru yang senada dengan elemen interior yang ada. Hal ini menyiasati keterbatasan lahan agar ruang tersebut tetap terlihat bersih dan luas. Di samping itu, penerapan motif polos pada bagian belakang meja belajar adalah tepat. Mengapa? tentu saja agar motif bergambar yang ada tidak mengganggu konsentrasi si anak ketika belajar.

10. Kamar Balap fantasi

Dream World D1021-1

Motif wallpaper dinding anak-anak dan balita usia 3-9 tahun banyak didominasi oleh gambar karakter kartun film favorit anak-anak. Maka dari itu, produsen wallpaper dinding banyak mengeluarkan seri karakter kartun dengan beragam pilihan desain. Tak heran suatu karakter, seperti Cars misalnya, memiliki beragam alternatif motif dan paduannya. Inspirasi desain di atas menampilkan paduan antara motif besar dan berwarna dengan motif kecil-kecil yang nampak serasi untuk dipadankan. 

 

Demikianlah 10 insipasi pemilihan motif wallpaper dinding untuk kamar anak-anak dan balita. Kunjungi toko wallpaper dinding terdekat di kota Anda untuk mengetahui lebih detail tentang produk-produk wallpaper dinding anak. Kami juga membuka peluang usaha sebagai reseller dan agen wallpaper dinding. Selamat berkreasi dengan wallpaper dinding!

 

Baca juga inspirasi desain aplikasi wallpaper dinding:

DESAIN: 10 MOTIF WALLPAPER DINDING UNTUK BAYI

DESAIN: PADU PADAN WALLPAPER

DESAIN: MEMILAH & MEMILIH WALLPAPER DINDING YANG COCOK

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University