10 Motif Wallpaper Dinding untuk Bayi | DESAIN
article

10 Motif Wallpaper Dinding untuk Bayi | DESAIN

Mendesain dan menghias kamar bayi adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika anak ini merupakan buah hati yang ditunggu-tunggu sekian lama. Bisa jadi Anda merasa kebingungan menentukan untuk memulai dari mana. di pasaran, banyak pilihan perabot dengan gambar karakter tokoh favorit anak, cat dinding beraroma, karpet dan tirai bermotif serta masih banyak ragam lainnya. 

Saat menantikan kehadiran bayi, Anda memiliki waktu kurang dari sembilan bulan untuk mempersiapkan segala peralatan dan perlengkapan bayi, termasuk menyediakan kamar untuk sang bayi. Jika Anda tidak cukup waktu menghias kamar bayi Anda, mungkin karena kesibukan Anda dan pasangan Anda, maka wallpaper merupakan pilihan yang tepat untuk menghias dinding kamar bayi. Seperti yang kita ketahui bahwa wallpaper dapat mempercantik dinding dan mengubah suasana ruang dalam sekejap. Pertimbangan lainnya yang tak kalah penting adalah masalah keamanan. Wallpaper dinding aman dan ramah lingkungan ketimbang menggunakan cat tembok yang seringkali mengeluarkan bau cat selama beberapa waktu. dan itu tentunya akan mengganggu pernapasan bayi Anda jika kegiatan menghias kamar bayi berdekatan dengan hari kelahiran bayi atau ketika bayi sudah lahir. 

Mendekorasi kamar bayi adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan. Apalagi kini tersedia beragam pilihan warna, motif/ corak, tekstur dan border wallpaper dinding yang dikreasikan khusus untuk kamar bayi. Namun demikian, Anda harus ingat bahwa bayi Anda akan tumbuh besar, bahkan tanpa Anda sadari! oleh karena itu, memilih wallpaper dinding untuk kamar bayi diperlukan pertimbangan yang matang, terutama masalah biaya.  Jika budget Anda terbatas dan menginginkan wallpaper dinding tersebut awet hingga anak tumbuh dan berkembang, maka pilihlah motif-motif yang netral dan cocok untuk anak bayi maupun remaja

Berikut adalah 10 motif wallpaper dinding yang cocok untuk kamar bayi:

1. Baby Tarzan

Dream World A1003-1

Bayi yang baru lahir membutuhkan suasana sekitar yang terang dan dapat merangsang motori dan sensoriknya selama ia menghabiskan waktu di dalam ruangan. Untuk menciptakan suatu tema dalam ruang, Anda dapat memilih motif-motif wallpaper dinding yang menarik. Gambar-gambar binatang dan alam dapat membantu menstimuli bayi tersebut. tambahkan dengan aksesoris interior seperti tali untuk menggantung boneka hewan, dapat menambah kesan bermain di dalam kamar bayi tersebut. Warna kuning dipilih sebagai warna hangat yang ceria, yang juga dapat mendorong stimuli bayi. Selain hangat dan ceria, warna kuning cocok untuk kamar bayi perempuan maupun laki-laki.

 2. Klasik nan Abadi

Jack & Rose LL-08-04-4-2

Pemilihan wallpaper dinding motif klasik dapat pula diaplikasikan pada kamar tidur bayi. Motif wallpaper dinding klasik ini adalah abadi sehingga tetap relevan hingga si bayi tumbuh dewasa. Desain ini didominasi warna putih dan biru pucat untuk menciptakan suasana tenang dan rileks dalam kamar bayi. Tambahkan aksesoris dan elemen interior lain dengan nuansa warna senada untuk mempercantik ruangan. 

3. Winnie the Pooh

Dream World D1033-1

Motif wallpaper dinding dengan karakter Winnie the Pooh dan kawan-kawannya dapat memperindah kamar bayi Anda. Warna kuning lembut sangat sesuai untuk bayi yang baru lahir, baik itu bayi laki-laki maupun bayi perempuan. Menurut penelitian, warna kuning dapat menstimuli bayi. Warna yang lembut, ringan dan terang ini memberikan kesejukan dan kesegaran di dalam ruang. Jadi, menghias kamar dengan gambar karakter kartun yang digemari anak-anak sepanjang masa mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. 

4. Pom Pom Purin

     

Sanrio World

Salah satu karakter dari Sanrio, Pom Pom Purin cocok digunakan untuk menghias kamar bayi. Dengan motif wallpaper bergambar hewan dan awan, disertai warna yang pastel, membuat kamar bayi menjadi atraktif bagi bayi untuk bermain, namun tetap nyaman digunakan untuk beristirahat di dalam kamar tersebut.. 

5. Shinkansen

           

Sanrio World

Shinkansen adalah sebutan bagi kereta super cepat yang beroperasi di Jepang. Sanrio sebagai perusahaan yang berasal dari Jepang pun mengeluarkan karakter terbarunya yang terinspirasi dari produk kebanggaan Negeri Sakura tersebut. Wallpaper dinding motif karakter shinkansen ini cocok sekali untuk menghias kamar bayi Anda terutama anak laki-laki. Dengan nuansa warna yang pastel dipadu warna vivid/ cerah, wallpaper dinding motif ini dapat bertahan bahkan hingga anak lelaki Anda duduk di bangku Sekolah Dasar.

6. Hello Kitty

Sanrio World

Siapa yang tak kenal Hello Kitty? Karakter paling terkena dari Sanrio ini tetap menjadi idola terutama bagi anak perempuan. Produk mulai dari boneka, mainan, kotak pensil hinga tas ini tetap menjadi primadona. Maka tak salah jika produsen wallpaper dinding pun mengeluarkan wallpaper dinding motif karakter Hello Kitty. Walaupun tak setenar dulu, tapi motif ini tetap dicari dan dapat dijadikan nostalgia bagi ibu-ibu muda yang masa kecilnya senang bermain boneka Hello Kitty ini. Apakah Anda termasuk di dalamnya? Mungkin iya!

7. My Melody

Sanrio World

Satu lagi karakter Sanrio yang terkenang sepanjang masa, My Melody. Dengan motif karakter lucu yang didominasi warna-warna pastel, wallpaper dinding motif ini sangat cantik menhias kamar tidur sang bayi. Bayi pun akan betah bermain dan beristirahat di kamarnya.

8. Langit Biru

Darae 1763-1

Motif awan juga merupakan motif yang paling sering dicari untuk menghias kamar tidur anak bayi. Selain warna, bentuknya yang lembut membuat kamar yang dilapisi wallpaper dinding motif awan ini nyaman bagi bayi untuk beristirahat. Biasanya produsen wallpaper dinding mengeluarkan motif awan ini dengan nuansa warna biru langit; apakah biru muda atau biru tua. Wallpaper dinding motif awan ini dapat juga diaplikasikan untuk melapisi plafond atau langit-langit kamar bayi Anda. Cobalah! 

9. Belajar Bentuk dan Warna

Darae 1725-1

Menstimulasi kecerdasan bayi tidak selamanya berupa mainan. Dinding pun dapat dimanfaatkan untuk merangsang kecerdasan dan juga sebagai media pembelajaran bagi bayi Anda. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan wallpaper dinding motif modular yang terdapat bentuk, warna maupun huruf dan angka. Belajar pun menjadi hal yang menyenangkan!

10. Garis-garis Sederhana 

Pemilihan paduan motif wallpaper dinding dalam desain yang sederhana ini menghadirkan nuansa indah yang abadi dengan detail yang cantik. Motif garis-garis vertikal pada bagian atas bidang dinding dipadukan dengan wallpaper motif polos dengan warna yang lebih tua pada bagian bawahnya. Batas antara dua motif wallpaper dinding yang berbeda ini diberi border berupa trim kayu dicat putih. nampak menyatu dengan furniture putih di daam kamar bayi ini. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan border bahan kertas yang dijual di toko wallpaper dinding. Border wallpaper ini berukuran 5 hingga 25 cm, dengan motif bervariasi. Tirai motif bunga-bunga turut melengkapi kamar bayi yang akan menenagkan dan memberikan tempat beristirahat untuk bayi Anda. Jika Anda menyukai nuansa merah muda untuk bayi mungil kesayangan Anda, pastinya inspirasi desain di atas dapat membuat Anda jatuh cinta. 

 

Wirania Swasty, S.Ds., MBA

Author

Wirania Swasty, S.Ds., MBA
Staff Pengajar Jurusan Desain - Telkom University